Efektivitas model pembelajaran group investigation metode diskusi menggunakan quizizz terhadap hasil belajar ipas siswa kelas 5 sd 1 peganjaran

ULHAQ ANGGRAINI, DAFFA’ DHIYA’ (2024) Efektivitas model pembelajaran group investigation metode diskusi menggunakan quizizz terhadap hasil belajar ipas siswa kelas 5 sd 1 peganjaran. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektifitas model pembelajaran Group investigation serta seberapa besar peningkatan hasil belajar peserat didik pada pembelajaran IPAS saat di dalam kelas. Untuk mengembangkan cara berpikir siswa perlu dilakukan proses pembelajaran yang inovasi, kreatif dan menyenangkan agar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa kelas V di SD 1 Peganjaran. Model pembelajaran group investigation (GI) adalah salah satu model pembelajaran yang mengembangkan kemampuan investigasi dengan kerja sama kelompok. Diskusi adalah percakapan ilmiah sekelompok orang berkumpul untuk bertukar pikiran tentang suatu masalah dan bekerja sama untuk menemukan jawaban dan kebenaran tentang suatu masalah. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD 1 Peganjaran. Menggunakan penelitian kuantitatif pra-eksperimental one-group pretest-postets. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan menggunakan seluruh jumlah siswa di kelas V yang berjumlah 15 orang peserta didik dengan 7 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas data, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan pemberian soal tes pertama dengan nilai ratarata Pretest 40,52%, kemudian di berikan perlakuan mengunakan soal yang sama dengan nilai rata-rata posttest 77,15% pada data ini siswa mengalami peningkatan dengan nilai n-gain menunjukan 0,55 atau 55% dengan jumlah peserta didik 15 orang dapat di kategorikan sebagai kategori sedang. Berdasarkan peningkatan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model mbelajaran Group investigation metode diskusi menggunakan Quizizz efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD 1 Peganjaran Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Imaniar Purbasari, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Khamdun, M.Pd.
Kata Kunci: Group investigation, Metode Diskusi, Quizizz, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 02:37
Last Modified: 24 May 2025 02:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23998

Actions (login required)

View Item View Item