Analisis kemampuan menyimak pada siswa sekolah luar biasa negeri (slbn) pati dalam melakukan senam disabilitas netra (nadine)

KARIMATUL KHOFIFAH, INTAN NAJWA (2024) Analisis kemampuan menyimak pada siswa sekolah luar biasa negeri (slbn) pati dalam melakukan senam disabilitas netra (nadine). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak pada siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pati dalam melakukan senam disabilitas netra (NADINE). Dan mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam melakukan senam disabilitas netra (NADINE) pada siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pati. Kemampuan menyimak adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan memperoleh informasi yang disampaikan oleh orang lain melalui pendengaran. Indikator kemampuan menyimak mencakup kemampuan mendengarkan informasi, kemampuan mendengarkan perintah yang diberikan, dan kemampuan mengerjakan tugas. Penelitian ini merupakan peneletian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SLBN Pati. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya analisis Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan disabilitas netra memiliki kemampuan menyimak yang memuaskan dengan mengandalkan indera pendengaran mereka. Mereka menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi dan motivasi yang kuat dalam menjalani proses senam, serta terlibat secara aktif dan bersemangat selama kegiatan berlangsung. Hal ini menunjukkan pentingnya pendekatan yang mendukung serta lingkungan belajar yang memfasilitasi untuk memaksimalkan potensi siswa dalam konteks senam disabilitas netra. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa di SLBN Pati dengan disabilitas netra memiliki kemampuan menyimak yang baik dalam senam NADINE, didukung oleh tingkat antusiasme dan motivasi yang tinggi serta lingkungan belajar yang mendukung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.M. Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Luthfa Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Siswa Sekolah Luar Biasa, Senam Disabilitas Netra
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 03:06
Last Modified: 24 May 2025 03:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item