SETIANI, FARADILLA (2024) Peningkatan hasil belajar pendidikan pancasila melalui model talking stick berbantuan media question box pada peserta didik kelas iv sd 1 jepang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik, keterampilan mengajar guru dan akivitas belajar siswa dengan menerapkan model Talking Stick berbantuan media Question Box pada peserta didik kelas IV SD 1 Jepang. Hasil belajar merupakan pencapaian atau hasil yang diperoleh seseorang setelah mengikuti proses pembelajaran. Model Talking Stick adalah model pembelajaran dengan bantuan tongkat yang mendorong peserta didik untuk berani menyatakan pendapatnya dan peserta didik yang memegang tongkat bergulir dari peserta didik satu ke peserta didik lainnya dengan diiringi oleh musik. Media Question Box yaitu media sederhana yang berbentuk kotak didalamnya berisi sejumlah pertanyaan yang akan diambil setiap anggota kelompok secara acak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jepang dengan subjek penelitian 20 peserta didik yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdir dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Talking Stick berbantuan media Question Box dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari ketercapaian indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I dan siklus II meningkat dari presentase 77,5% dengan kriteria “baik” menjadi 88,5% dengan kriteria “sangat baik”. (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II meningkat dari presentase 74,25% dengan kriteria “baik” menjadi 83,83% dengan kriteria “sangat baik”. (3) hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II meningkat dari presentase 75% dengan kriteria “baik” menjadi 85% dengan kriteria “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa melalui model Talking Stick berbantuan media Question Box dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD 1 Jepang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang sudah dilakukan pada kelas IV SD 1 Jepang, dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan mengjar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Talking Stick, Media Question Box |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 05:27 |
Last Modified: | 24 May 2025 05:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
