ZAKIYATI, NOR MEILIN (2024) Pengaruh penggunaan media patchboard terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas v sd 2 getassrabi gebog kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran serta siswa kurang tertarik pada proses pembelajaran, merasa bosan, dan monoton bagi siswa. Sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila rendah. Hasil UTS mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD 2 Getassrabi menunjukkan nilai yang masih rendah, dari 12 siswa hanya 4 mendapatkan nilai tuntas, dan 8 mendapatkan nilai tidak tuntas. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media Patchboard berdampak pada hasil belajar siswa Pendidikan Pancasila tentang materi persatuan dan kesatuan NKRI di kelas V SD 2 Getassrabi. Media Patchboard merupakan media berbentuk papan yang terbuat dari papan kayu terdapat lambang Pancasila yang setiap lambangnya memiliki arti persatuan dan kesatuan Indonesia. Serta terdapat permainan ular tangga. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengumpulkan kemampuan melalui kegiatan belajar, meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian dilaksanakan di SD 2 Getassrabi dengan sampel penelitian ini yaitu 12 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan kuantitatif One-group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji Paired sample t-test dan uji N-Gain Score. Dengan menggunakan uji Paired sample t-test, uji pengaruh media Patchboard terhadap hasil belajar menunjukkan hasil sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan persentase pengaruh penggunaan media Patchboard terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dengan uji N-Gain persen menunjukkan nilai 46%. Hasil dari uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD 2 Getassrabi dipengaruhi oleh penggunaan media Patchboard.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Patchboart, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:41 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
