Efektivitas model inquiry learning berbantuan media pacthboard terhadap pemahaman konsep ipas siswa kelas v sd 2 dersalam

ALVIANNA, ANGGIS (2024) Efektivitas model inquiry learning berbantuan media pacthboard terhadap pemahaman konsep ipas siswa kelas v sd 2 dersalam. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Hasil observasi peneliti diperoleh pemahaman konsep IPAS perlu ditingkatkan karena belum mampu menganalisis mengenai pemahaman konsep IPAS. Maka penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan nilai pretest dan postest, dan (2) mengukur seberapa besar peningkatan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V sekolah dasar menggunakan model inquiry learning berbantuan patchboard. Model inquiry learning merupakan pembelajaran berbasis pengalaman di mana siswa membangun pengalaman mereka sendiri melalui proses pembelajaran yang menghubungkan teori dengan praktik. Media Patchboard merupakan media berbentuk papan yang terdapat gambargambar dan tulisan yang bermuatan materi cahaya dan sifatnya pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS. Pemahaman konsep yaitu kemampuan siswa menerima, menyerap, dan memahami informasi yang diterima melalui peristiwa atau kejadian yang dilihat secara langsung, didengar, dan disimpan untuk diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD 2 Dersalam yang berjumlah 11 siswa. Variabel terikat yaitu pemahaman konsep IPAS siswa dan variabel bebas yaitu model inquiry learning berbantuan media patchboard. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konsep yang dilakukan analisis statistik berupa One Sample T-Test, Paired T-Test, dan uji N-Gain menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model inquiry learning berbantuan media patchboard mencapai KKTP, dilihat dari hasil analisis uji One Sample T-Test diperoleh sig 0,000 < 0,05, (1) terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest dilihat dari uji Paired T-Test nilai sig 0,000 < 0,05 dan (2) peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V sekolah dasar menggunakan model inquiry learning berbantuan media patchboard sebesar 0,51 yang berkategori sedang. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan model inquiry learning berbantuan media patchboard memberikan efektivitas pada pemahaman konsep siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Patchboard, Inquiry Learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2025 03:53
Last Modified: 26 May 2025 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24016

Actions (login required)

View Item View Item