DWI LESTARI, GALUH (2024) Penerapan model contextual teaching and learning berbantu media lajura terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas v sd 4 gribig. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 4 Gribig dalam mengikuti pembelajaran Matematika. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) perbedaan skor berpikir kritis antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning berbantu media LaJuRa, dan (2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sesudah menggunakan model berbantu media LaJuRa. Model Contextual Teaching and Learning berbantu media LaJuRa merupakan model pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan dunia nyata siswa. Serta penggunaan media LaJuRa berbentuk konkret dipadukan dengan model pembelajaran sehingga pembelajaran menggunakan konteks keadaan lingkungan sekitar. Melalui kegiatan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam penyelesaian soal matematika. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan indikator berpikir kritis FRISCO yang dijabarkan antara lain F (Focus), R (Reason), I (Inference), S (Situation), C (Clarity), dan O (Overview). Tempat penelitian di kelas V SD 4 Gribig. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta menggunakan analisis data berupa uji validasi, uji normalitas data, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian pada pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test memperoleh hasil nilai pretest 56,47 < nilai posttest 77,57. Dengan perolehan data tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan positif antara skor kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantu media LaJuRa. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan nilai n-gain, diperoleh nilai n-gain sebesar 0,5031 dengan kategori sedang. Kondisi tersebut berarti terdapat peningkatan dengan kategori sedang pada kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantu media LaJuRa. Model Contextual Teaching and Learning berbantu media LaJuRa membuktikkan bahwa mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD 4 Gribig. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan data, terdapat perbedaan skor berpikir kritis matematis bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Contextual Teaching and Learning, LaJuRa, berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 04:30 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
