ADHE SETYA, GAIZKA (2024) Analisis penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan model project based learning pada peserta didik kelas iv sd 1 jati kulon. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan guru dalam penerapan P5 dengan model pembelajaran project based learning pada peserta didik kelas IV SD 1 Jati Kulon, Kudus. P5 merupakan pembelajaran pada kurikulum merdeka lahirnya P5 adanya keresahan pada peserta didik pasca covid-19 dengan pembelajaran jarak jauh atau daring dan menurunnya profil pelajar pancasila pada peserta didik namun, pada P5 guru masih adaptasi pada perubahan kurikulum dan kondisi belajar sehingga guru masih mengalami kesulitan dalam perencanaan penerapan P5 dengan metode atau model pembelajaran, project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang memiliki kesamaan dalam langkah-langkah penerapannya sehingga dapat menjadi alternatif dalam penerapan P5 dengan berbantuan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jati Kulon dengan 4 subjek yaitu guru kelas,kepala sekolah dan 2 peserta didik sesuai kriteria peneliti yaitu peserta didik yang paling terhambat, Teknik pengumpulan data dengan triangulasi sumber: angket pedoman observasi,pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada strategi guru dalam penerapan P5 dengan PJBL, guru menggunakan media berbantuan video interaktif sebagai pendukung pembelajaran serta adanya hambatan dari saran prasarana dalam penggunaan media bantuan yaitu dari pengeras suara dan peserta didik tidak memperhatikan dan faktor pendukung dari hambatan tersebut guru melakukan praktik langkahlangkah pembuatan proyek secara langsung dan pengkodisian kelas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas IV SD 1 Jati Kulon dapat disimpulkan bahwa penerapan P5 dengan model PJBL, guru menggunakan media bantu berupa video interaktif, namun dalam penggunaan media pembelajaran mengalami hambatan dari sarana prasana sekolah yaituu pengeras suara serta peserta didik yang tidak memperhatikan pembelajaran menjadi hambatan dalam pembelajaran P5 faktor pendukung dari hambatan tersebut guru melakukan praktik langkah-langkah pembuatan proyek secara langsung dan pengkodisian kelas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Alfin Hidayah,M.Pd. |
Kata Kunci: | Proyek penguatan profil pelajar pancasila,Project based learning,Sekolah Dasar . |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 01:54 |
Last Modified: | 31 May 2025 01:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
