Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv pelajaran pendidikan pancasila sd negeri 1 pelemkerep

RAHMA, NUR ANDINI (2024) Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv pelajaran pendidikan pancasila sd negeri 1 pelemkerep. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep dalam mengikuti pembelajaran tematik khususnya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui adanya pengaruh adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, (2) untuk mengukur kemampuam berpikir kritis siswa kelas IV menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 1 Pelemkerep. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk menginterpretasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan merespon secara reflektif terhadap informasi atau situasi. indikator kemampuan berpikir kritis FRISCO yang diajabarkan antara lain F (Focus), R (Reason), I (Inference), S (Situation), C (Clarity), O (Overview). Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil secara kolaboratif untuk saling berinteraksi . Model Talking Stick adalah model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat, memahami materi pelajaran dengan cepat dan melatih peserta didik untuk berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitain kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain Pre – experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep dengan jumlah 35 siswa. Analis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa uji validitas, uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian dari uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan ratarata pretest kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebesar 51, 75 sedangkan nilai pottest sebesar 89,76. Terlihat dari kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila rata-rata posttest lebih besar dari pretest, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji N-Gain, peningkatan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan pada kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan sebesar 0,6789 termasuk pada kategori sedang.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Gunawan Setiadi, S.Ip, M.Pd Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Talking Stick, Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 May 2025 01:59
Last Modified: 31 May 2025 01:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24034

Actions (login required)

View Item View Item