NURFATIYAH, SINDHI (2024) Efektivitas model discovery learning berbantuan media sica (sifat cahaya) pada mata pelajaran ipas kelas 5 terhadap minat belajar siswa di sd n 4 kaliaman. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Skripsi ini membahas tentang efektivitas model discovery learning berbantuan media terhadap minat belajar, ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ipas yang masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurangnya penguasaan siswa terhadap materi ipas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji perbedaan signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning dengan bantuan media pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam penggunaan model discovery learning berbantuan media pembelajaran Keberhasilan pembelajaran tentunya tidak lepas dari penguasaan guru didalam kelas, termasuk penguasaan materi dan model pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif sehinga sampai dengan kesimpulan. Selain itu juga dibutuhkan media pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan lancar, penggunaan media pembelajaran juga sesuai dengan kriteria media, supaya pelajaran dapat sesuai dengan tujuan dari mata pelajaran ipas yaitu untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta mengkaitkannya dengan pada aspek kecakapan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 04 Kaliaman Jepara dengan subyek 26 siswa Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Uji validitas dalam penelitian ini mengandalkan pendapat dan para ahli (expert judgment). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample T-Test dan Uji Gain dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Uji Patred Sample T-Test mendapatkan nilai (Sig. 2-tailed) adalah 0.000. Dengan nilai sig < 0.05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara minat belajar siswa sebelum dan setelah penerapan Model Discovery Learning dengan media SICA. Hasil Uji Gain mendapatkan nilai rata-rata persentase N-Gain adalah 72.58 dengan deviası standar 10.95 yang artinya model discovery learning dan media SICA efektif meningkatkan minat belajar. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Discovery Learning dengan berbantuan media SICA terdapat peningkatan yang cukup efektif
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana S.Si, M.Pd Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. |
Kata Kunci: | Minat Belajar Siswa, Media Pembelajaran, Mata Pelajaran IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 02:55 |
Last Modified: | 31 May 2025 02:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
