Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media fipkara kelas iv sdn 4 mayonglor

PUSPITA AZ’ZAHRA, AMELIA DEA (2024) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media fipkara kelas iv sdn 4 mayonglor. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis puisi melalui model discovery learning berbantuan media FIPKARA pada siswa kelas IV SDN 4 Mayonglor. Puisi merupakan salah satu karya sastra yang berisi gagasan dan perasaan yang dituangkan dalam ekspresi tulisan dengan menggunakan bahasa yang indah. Media FIPKARA adalah penggunaan media audiovisual dengan metode bercerita berbasis budaya lokal. Model discovery learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk berfikir aktif. Model ini akan diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi pada kelas IV. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah menerapkan model discovery learning berbantuan media FIPKARA dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN 4 Mayonglor. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi menggunakan model discovery learning berbantuan media FIPKARA pada siklus I adalah 83 pencapaian (83%) dengan kriteria “Sangat Baik”. Dan pada siklus I 91,5 pencapaian (91,50%) dengan kriteria “Sangat Baik”. Dan hasil peningkatan aktivitas belajar siswa secara individu pembelajaran menulis puisi menggunakan model discovery learning berbantuan media FIPKARA pada siklus I adalah 21 pencapaian (75%) dengan kriteria “Baik”. Dan pada siklus II adalah 21,51 pencapaian (77%) dengan kriteria “Baik. Sedangkan hasil peningkatan Keterampilan menulis puisi siswa menggunakan model discovery learning berbantuan media FIPKARA pada prasiklus rata-rata nilai adalah 68 dan presentase klasikal (68%). Pada siklus I rata-rata nilai adalah 70,31 dan presentase klasikal (70,31%). Pada siklus II ratarata nilai adalah 79,4 dan presentase klasikal (79,4%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan pada kelas IV SDN 4 Mayonglor, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan media fipkara dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Puisi, Model Discovery Learning, Media FIPKARA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 May 2025 04:16
Last Modified: 31 May 2025 04:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item View Item