ARIYANI, FERI (2024) Efektivitas model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (savi) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar ipas siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran disebabkan karena adanya kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, serta kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan guru membuat pembelajaran bersifat monoton sehingga semangat siswa dalam kegiatan belajar kurang. hal ini terlihat dari penilaian akhir semester dimana masih banyak siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Model Pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) merupakan model pembelajaran yang melibatkan seluruh indra mulai dari penglihatan, pendengaran, gerakan serta berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa yang digunakan meliputi pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakukan berupa model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) berbantuan video interaktif kepada subyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Paired Sample T test, dan uji N-gain dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 26. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IV di SD Negeri Pakem 01. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh dari model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar ditunjukan dari nilai sig. 2-tailed pemahaman konsep sebesar dan keterampilan proses sebesar 0,000, serta terdapat peningkatan hasil belajar IPAS ditunjukkan dari hasil uji Ngain pemahaman konsep sebesar 0,753, sebelum dan sesudah adanya perlakukan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) berbantuan video interaktif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) berbantuan video interaktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar hal ini ditunjukan dengan hasil Uji paired sample t test pemahaman konsep dan keterampilan proses, serta hasil Uji N-gain pemahaman konsep dan keterampilan proses.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing: 2.F.Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Video Interaktif. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 04:23 |
Last Modified: | 31 May 2025 04:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
