Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 5 sd

DARMAWAN, AWANG DUWIQI (2024) Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 5 sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Salah satu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yaitu kurangnya berlatih untuk menyelesaikan soal-soal non rutin. Sebanyak 62% dari siswa kelas V pada pengisian angket menyatakan bahwa saat guru menjelaskan materi dengan ceramah, hal tersebut membuat kemampuan dalam memecahkan masalah pada siswa kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis keefektifan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 2) untuk menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mencapai KKTP 70. Model Problem-Based Learning merupakan model pembelajaran yang dalam prosesnya peserta didik dihadapkan ke dalam suatu permasalahan nyata yang pernah dialami oleh peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan siswa untuk menyelesaikan suatu masalah yang tidak dapat diprediksi dan tidak rutin. Jenis penelitian yang diambil yaitu penelitian kuantitatif. Populasinya dalam penelitian ini adalah semua siswa di SDN 4 Kalipucang Kulon kelas V. Karena jumlahnya populasi siswa kurang dari 100 maka semua anggota populasi dijadikan sampel sehingga penelitian adalah penelitian sampling jenuh. Instrument pengumpulan data yang peneliti gunakan meliputi pedoman wawancara, lembar angket, dan soal. Hasil uji N-Gain diperoleh untuk nilai posttest adalah sebesar 58,6%, sedangkan untuk rata- rata N-gain score untuk pretest adalah sebesar 26,6% Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem based learnig efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V SDN 4 Kalipucang Kulon. Selain itu berdasarkan hasil uji t satu sampel diperoleh ilai signifikansi adalah 0.026. Dikarenakan pengujian yang dilakukan merupakan uji pihak kanan, maka nilai signifikasi dibagi dua menghasilkan 0.013. nilai tersebut lebih besar dari ∝= 0.025. Nilai nilai signifikansi kurang dari 0.025. Sehingga

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Much Arsyad Fardani, M.Pd Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 May 2025 04:31
Last Modified: 31 May 2025 04:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item