NOVITA SARI, ERMA (2024) Penerapan metode role playing berbantu media poster untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pengenalan mengelola uang saku bagi anak kelas iv sdn 03 padurenan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran masih berfokus pada guru sebagai sumber utama informasi, siswa hanya sebagai pendengar dan kurang tepatnya pengoptimalan model pembelajaran. Pendidikan nilai sebagai sarana untuk mengontrol, mengevaluasi, yang tidak diinginkan oleh dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk siswa dapat mengelola uang saku dengan benar, Aktivitas peserta didik melalui model role playing berbantu media poster pada peserta didik kelas IV SD N 03 Padurenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Padurenan dengan subjek penelitian 16 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Variabel bebas adalah model role playing berbantu media poster. Variabel terikat adalah mengelola uang saku. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara,obesrvasi,soal evaluasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model role playing dengan bantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 03 Padurenan. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata keberhasilan pada siklus I sebesar 56,6% kriteria cukup dan meningkat menjadi 89,5% kriteria sangat baik pada siklus II. viii Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan, penerapan model role playing dengan bantuan media poster terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, siswa kelas IV SDN 03 Padurenan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A Dosen Pembimbing: 2.Santoso, S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Role Playing,Poster,Mengelola Uang Saku |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:22 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
