AYU WULANDARI, MUTIARA (2024) Efektifitas penggunaan media big book terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (circ) pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas ii sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran disebabkan karena siswa kurang menyukai mata pelajaran Bahasa Indonesia karena menganggap pelajaran tersebut membosankan. Keterbatasan media pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia rendah dan banyak yang dibawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media big book terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas II SD. Media big book merupakan sejenis buku bergambar yang dapat mengajarkan siswa tentang tingkah laku dan perilaku yang baik dengan menggunakan contoh tokoh dalam cerita. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang merupakan komposisi terpadu membaca dan menulis secara kooperatif (kelompok). Hasil belajar merupakan suatu kompetensi atau kecakapan yang dapat dicapai oleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu berupa tes yang telah diuji validitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t, dan uji N-Gain dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan uji normalitas data pretest-posttest hasil belajar menunjukkan nilai sig. 0.199 dan 0.010 yang berarti berdistribusi normal. Hasil uji paired sample test nilai sig. 0.001<0.05. Terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar pretest dan posttest dari penggunaan media big book melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dan data uji N-Gain nilai mean N-Gain score untuk penggunaan media big book terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.7. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan tinggi dan termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media big book melalui model pembelajaran CIRC pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media big book melalui model pembelajaran CIRC pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Luthfa Nugraheni, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Siti Masfuah, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Big Book, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:37 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
