NISAK, HIDAYATUN (2024) Efektivitas model pembelajaran mind mapping berbantuan mediavintami terhadap hasilbelajar ipas siswa kelas iv sd negeri pati wetan 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada tanggal 18 Januari 2024 di SD Negeri Pati Wetan 01, permasalahan yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS serta rendahnya nilai SAS siswa pada mata pelajaran IPAS yaitu 6 dari 25 siswa (19%) yang tuntas dari KKTP. Model pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi. Selain itu, jarangnya guru memanfaatkan media pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan dan peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media VINTAMI terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Pati Wetan 01. Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan ide-ide pokok dari sebuah konsep menjadi sebuah peta pikiran yang kreatif. Media VINTAMI berupa gambar animasi bergerak dan audio yang memuat materi pembelajaran. Hasil belajar merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk melihat tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen yaitu Pre Experimental dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian yaitu 31 siswa kelas IV SD Negeri Pati Wetan 01 dengan menggunakan teknik sensus/sampling total. Kemudian teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas sebagai uji prasyarat. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji N-Gain dengan berbantuan SPSS 29 dan Microsoft Excel 2022. Hasil penelitian uji Paired Sample T-test menunjukkan perbedaan skor rata-rata pemahaman IPAS diperoleh nilai signifikasi yaitu 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan dari hasil uji N-Gain diperoleh hasil skor ratarata pemahaman IPAS 0,77 yang menunjukkan kategori tinggi dan nilai N-Gain persen mencapai rata-rata 77,99 yang ditafsirkan dengan efektif. Sedangkan hasil belajar keterampilan proses dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media VINTAMI terhadap hasil belajar IPAS; (2) model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media VINTAMI efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Mind Mapping, Media VINTAMI, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:20 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
