Hubungan antara self-presentation dan dukungan sosial online dengan self-esteem pada generasi z pengguna sosial media

NURYANTO, IMAM AGUS (2024) Hubungan antara self-presentation dan dukungan sosial online dengan self-esteem pada generasi z pengguna sosial media. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Media sosial kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Media sosial telah memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat masa kini. Penelitian dilakukan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara self presentation dan dukungan sosial online dengan self-esteem pada generasi Z pengguna sosial media. Partisipan penelitian yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 partisipan generasi Z pengguna sosial media seperti Tiktok, instagram, twitter, dll, posting atau interaksi secara online di media sosial minimal dua kali dalam satu minggu dan berusia 18-25 tahun. Data diperoleh dengan teknik purposive sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala self esteem, skala self presentation, dan skala dukungan sosial online. Hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx12y sebesar 0,170 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,398 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan ditolak, dimana self presentation (X1) dan dukungan sosial online (X2) tidak ada hubungan dengan self esteem (Y). Hasil hipotesis minor 1 dinyatakan ditolak karena besarnya koefisien antara rx1y adalah 0,094 (p>0,05), artinya tidak ada hubungan antara self presentation dengan self esteem pada generasi Z pengguna sosial media. Sedangkan hipotesis minor 2 dinyatakan ditolak, karena menunjukkan besarnya koefisien antara rx2y 0,152 (p>0,05), artinya tidak ada hubungan antara dukungan sosial online dengan self esteem pada generasi Z pengguna sosial media.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Trubus Raharjo, S.Psi., M.Psi., Dosen pembimbing: 2.Iranita Hervi Mahardayani, S.Psi., M.Psi
Kata Kunci: self esteem, self presentation, dukungan sosial online.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Agama (umum)
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jun 2025 04:12
Last Modified: 14 Jun 2025 04:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item