Achmad Fahriza, Rifki (2025) Penerapan customer relationship management (crm) untuk manajemen pemasangan dan pembayaran internet citynet pada pt daniswara citra Informatika. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bba 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
PT Daniswara Citra memiliki 25 pelanggan instansi dan kurang lebih 3000 pelangan yang telah menggunakan jasa layanan perusahaan. Banyaknya pelanggan menyebabkan perusahaan memerlukan waktu yang lebih lama dalam melakukan pendataan pelanggam terakait pemasangan, pemindahan layanan, penanganan penggaduan dan pembayaran karena masih dilakukan dengan menggunakan sistem formulir dan excel yang menjadikan data tidak terintegrasi dengan baik. Untuk menangani permasalahan pada PT Daniswara Citra Informatika, dibuatlah sistem yang mengimplementasikan Customer Relationship Management (CRM) mengelola pemesanan, pemasangan, pemindahan layanan, pembayaran bulanan serta penanganan gangguan layanan internet Citynet. Hasil akhir menggunakan teknologi Whatsapp API untuk memberikan informasi konfirmasi pemesanan , tagihan pembayaran, bukti pembayaran , pemberitahuan promo Citynet dan penghitungan Customer Satisfaction Score (CSAT) untuk menghitung kepuasan pelanggan melalui survei pada sistem ketika pelanggan telah melakukan pemesanan Dengan adanya sistem dapat membantu meingkatkan kualitas pelayananm dan mempermudah perusahaan dalam proses administrasi perusahaan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Pratomo Sertiaji, S.Kom., M.Kom 2. Syafiul Muzid, S.T., M.Cs. |
Kata Kunci: | CRM, Pembayaran, Pemasangan Internet |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) > Teknik industri. Teknik manajemen Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Komunikasi informasi teknik Teknologi > Teknologi (umum) Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:53 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
