ERVIANA, TESA (2025) Pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan kemampuan inovasi terhadap kinerja guru di sekolah dasar kabupaten kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kepemimpinan pembelajaran terhadap kinerja guru, 2) pengaruh kemampuan inovasi terhadap kinerja guru, dan 3) pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan kemampuan inovasi terhadap kinerja guru. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan pembelajaran, kemampuan inovasi dan kinerja guru. Kepemimpinan pembelajaran adalah kemampuan kepala sekolah dalam mengarahkan, membimbing, dan mengelola proses pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kemampuan inovasi guru adalah kemampuan guru untuk menciptakan ide-ide baru, mengimplementasikan perubahan, dan mengembangkan solusi kreatif dalam pengelolaan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah guru ASN sekolah dasar Kecamatan Dawe yang berjumlah 157 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik Proponate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pada link google form. Teknik analisis data menggunakan SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran terhadap kinerja guru dengan parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,449 dan nilai C.R 7,166 dinyatakan diterima. Kemampuan inovasi terhadap kinerja guru dengan parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,518 dan nilai C.R 8,334 dinyatakan diterima. Kepemimpinan pembelajaran dan kemampuan inovasi terhadap kinerja guru dengan parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,738 dan 0,518 juga dinyatakan diterima. Dengan demikian 1) kepemimpinan pembelajaran berpengaruh terhadap kinerja guru 2) kemampuan inovasi berpengaruh terhadap kinerja guru, 3) kepemimpinan pembelajaran dan kemampuan inovasi berpengaruh terhadap kinerja guru. Dari penelitian ini disarankan, bahwa kepala sekolah dan semua guru agar tetap meningkatkan kinerjanya secara professional supaya mutu pendidikan semakin baik, proses pembelajaran lebih efektif, serta peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan bermakna.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen pembimbing: 2. Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kepemimpinan Pembelajaran, Kemampuan Inovasi, Kinerja Guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
