FATMAWATI, NINING (2025) Model hipotetik kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukolilo Pati, (2) pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukolilo Pati, (3) pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik secara bersamaan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukolilo Pati. Pencapaian kualitas pendidikan didominasi oleh peran guru karena guru berhubungan langsung dengan peserta didik, sehingga diperlukan upaya peningkatan kinerja guru. Permasalahan mendasar yang terjadi berhubungan dengan kinerja guru adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian expost facto dengan metode deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan adalah guru ASN yang berpendidikan paling rendah Strata 1 di Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukolilo yang berjumlah 117 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data variabel dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM yang dioperasikan melalui program SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa t-statistik dari pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 1,931 dan p-value < 0,05 sebesar 0,027. Dapat dinyatakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. Nilai t-statistik dari pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 4,010 dan P-value < 0,05 sebesar 0,000, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. Secara bersamaan, kedua variabel eksogen kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik memiliki pengaruh positif terhadap variabel endogen kinerja guru. Perlu adanya penelitian yang sejenis dengan tema yang berbeda serta dengan menilik variabel lain yang masih dalam lingkup kinerja guru untuk megungkap variabel lain yang berpengaruh besar terhadap kinerja guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd., Dosen pembimbing: 2. Dr. Drs. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd. |
Kata Kunci: | guru, kepemimpinan, kinerja, supervisi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
