Model hipotetik kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar

FATMAWATI, NINING (2025) Model hipotetik kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukolilo Pati, (2) pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukolilo Pati, (3) pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik secara bersamaan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukolilo Pati. Pencapaian kualitas pendidikan didominasi oleh peran guru karena guru berhubungan langsung dengan peserta didik, sehingga diperlukan upaya peningkatan kinerja guru. Permasalahan mendasar yang terjadi berhubungan dengan kinerja guru adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian expost facto dengan metode deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan adalah guru ASN yang berpendidikan paling rendah Strata 1 di Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukolilo yang berjumlah 117 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data variabel dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM yang dioperasikan melalui program SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa t-statistik dari pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 1,931 dan p-value < 0,05 sebesar 0,027. Dapat dinyatakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. Nilai t-statistik dari pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 4,010 dan P-value < 0,05 sebesar 0,000, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. Secara bersamaan, kedua variabel eksogen kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik memiliki pengaruh positif terhadap variabel endogen kinerja guru. Perlu adanya penelitian yang sejenis dengan tema yang berbeda serta dengan menilik variabel lain yang masih dalam lingkup kinerja guru untuk megungkap variabel lain yang berpengaruh besar terhadap kinerja guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd., Dosen pembimbing: 2. Dr. Drs. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd.
Kata Kunci: guru, kepemimpinan, kinerja, supervisi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:32
Last Modified: 15 Aug 2025 07:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25303

Actions (login required)

View Item View Item