Pengaruh model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul berbasis kearifan lokal pantai utara terhadap kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita

MUQTAFIA, KHOIRINA (2025) Pengaruh model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul berbasis kearifan lokal pantai utara terhadap kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita adalah model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul berbasis kearifan lokal Pantai Utara. Model pembelajaran problem-based learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas peserta didik dalam mencari solusi dan memecahkan masalah nyata sehingga dapat membuat peserta didik termotivasi untuk belajar. Penggunaan e-modul berbasis kearifan lokal Pantai Utara dapat menunjang keberhasilan model pembelajaran problem-based learning, karena penyajian materi yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa mempermudah pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, menganalisis peningkatan kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Purwosari sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul berbasis kearifan lokal Pantai Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskripitif dengan menggunakan metode single subject research (SSR) berpola A-B. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDLB Purwosari dengan subjek penelitian sebanyak 4 siswa tunagrahita yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul yang berbasis kearifan lokal Pantai Utara. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan kecerdasan logis matematis. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes. Data tersebut dilakukan analisis dalam dua tahap yakni analisis dalam kondisi untuk menganalisis kondisi pada setiap fase baseline dan intervensi, serta analisis antar kondisi untuk menganalisis data antara fase baseline dan intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan kecerdasan logis�matematis siswa tunagrahita sebelum diberikan perlakuan atau pada fase baseline masih rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan atau pada fase intervensi kemampuan tersebut mengalami peningkatan. (2) Adanya peningkatan kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita dari sebelum ke sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis antar kondisi didapatkan nilai overlap yang kecil sehingga intervensi berpengaruh baik untuk subjek.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing: 1. Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sumaji., S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem-Based Learning, E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Pantai Utara, dan Kecerdasan Logis Matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:46
Last Modified: 20 Aug 2025 04:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item