MUQTAFIA, KHOIRINA (2025) Pengaruh model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul berbasis kearifan lokal pantai utara terhadap kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita adalah model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul berbasis kearifan lokal Pantai Utara. Model pembelajaran problem-based learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas peserta didik dalam mencari solusi dan memecahkan masalah nyata sehingga dapat membuat peserta didik termotivasi untuk belajar. Penggunaan e-modul berbasis kearifan lokal Pantai Utara dapat menunjang keberhasilan model pembelajaran problem-based learning, karena penyajian materi yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa mempermudah pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, menganalisis peningkatan kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Purwosari sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul berbasis kearifan lokal Pantai Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskripitif dengan menggunakan metode single subject research (SSR) berpola A-B. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDLB Purwosari dengan subjek penelitian sebanyak 4 siswa tunagrahita yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem-based learning berbantuan e-modul yang berbasis kearifan lokal Pantai Utara. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan kecerdasan logis matematis. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes. Data tersebut dilakukan analisis dalam dua tahap yakni analisis dalam kondisi untuk menganalisis kondisi pada setiap fase baseline dan intervensi, serta analisis antar kondisi untuk menganalisis data antara fase baseline dan intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan kecerdasan logis�matematis siswa tunagrahita sebelum diberikan perlakuan atau pada fase baseline masih rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan atau pada fase intervensi kemampuan tersebut mengalami peningkatan. (2) Adanya peningkatan kemampuan kecerdasan logis matematis siswa tunagrahita dari sebelum ke sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis antar kondisi didapatkan nilai overlap yang kecil sehingga intervensi berpengaruh baik untuk subjek.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1. Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sumaji., S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Problem-Based Learning, E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Pantai Utara, dan Kecerdasan Logis Matematis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:46 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
