Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Subtema Pekerjaan Orangtuaku Muatan Ipa Dan Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan

KHOIRUN NISA’, SAFRIDA (2015) Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Subtema Pekerjaan Orangtuaku Muatan Ipa Dan Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (1136Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (193Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1935Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (533Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (596Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (371Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (161Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (255Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (45Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya aktivitas belajar siswa di dalam kelas, tetapi guru belum mampu mengelola keaktifan siswa secara optimal. Hal tersebut menyebabkan penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan belum maksimal, dilihat dari nilai hasil belajar kognitif siswa yang masih di bawah KKM dan belum benar-benar tuntas. Kebanyakan siswa bosan dengan cara belajar yang kurang memanfaatkan lingkungan di sekitarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut makapeneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaranDiscovery Learning Berbasis Lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkunganterhadap keterampilan guru, sikap siswa, keterampilan siswa, dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, sikap siswa, keterampilan siswa, dan penguasaan konsep siswa, dengan menerapkan model pembelajarandiscovery learning berbasis lingkungan pada muatanIPA dan Bahasa Indonesia Subtema Pekerjaan Orangtuaku. Penguasaan konsep yang dimaksud di dalam penelitian ini adalah, penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, tidak sekedar menghafalkan saja tetapi benar-benar menguasai materi.Sedangkan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkunganadalah model yang mengasah cara berfikir siswa agar aktif di dalam pembelajaran untuk menemukan konsep materi yang sedang dipelajari, dengan media lingkungan sekitar siswa, yang sering ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadi peningkatan keterampilan guru di dalam proses pembelajaran, terjadi peningkatan sikap siswa dan keterampilan siswa, serta terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa pada subtema pekerjaan orangtuaku muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IVB SD Muhammadiyah 1 Kudus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajarandiscovery learning berbasis lingkungan, sedangkan variabel terikatnya yaitu penguasaan konsep siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, sikap siswa, keterampilan siswa, dan penguasaan konsep siswa dilihat dari hasil belajar kognitif siswa pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik meningkat ke siklus II menjadi 93,67% dengan kriteria sangat baik (2) Sikap siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80,87% dengan kriteria baik meningkat ke siklus II menjadi 87,89% dengan kriteria sangat baik. (3) Keterampilan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 88,57% dengan kriteria sangat baik meningkat ke siklus II menjadi 92,60% dengan kriteria sangat baik (4) Penguasaan konsep siswa dilihat dari hasil belajar kognitif IPA dan Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan, yaitu memperoleh nilai rata-rata ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 91,42% ke siklus II 100%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkunganmuatan IPA dan Bahasa Indonesiasubtema pekerjaan orangtuaku dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dilihat dari meningkatnya hasil belajar kognitif siswa kelas IVB SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Saran dalam penelitian ini, siswa diharapkan lebih belajar memahami setiap permasalahan dan selalu menerapkan sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai karakteristik dan kebutuhan siswa di dalam kurikulum 2013, menggunakan media berbasis lingkungan dan selalu membiasakan siswa menemukan konsep dari materi yang dipelajari.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons
                    Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konsep Siswa, Subtema Pekerjaan Orangtuaku, Muatan IPA dan Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 13 Aug 2015 14:39
                    Last Modified: 13 Aug 2015 14:39
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4596

                    Actions (login required)

                    View Item