Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Subtema Pekerjaan Orangtuaku Muatan Ipa Dan Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan

KHOIRUN NISA’, SAFRIDA (2015) Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Subtema Pekerjaan Orangtuaku Muatan Ipa Dan Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (261kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (47MB) | Request a copy
Official URL: http:/eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya aktivitas belajar siswa di dalam kelas, tetapi guru belum mampu mengelola keaktifan siswa secara optimal. Hal tersebut menyebabkan penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan belum maksimal, dilihat dari nilai hasil belajar kognitif siswa yang masih di bawah KKM dan belum benar-benar tuntas. Kebanyakan siswa bosan dengan cara belajar yang kurang memanfaatkan lingkungan di sekitarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut makapeneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaranDiscovery Learning Berbasis Lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkunganterhadap keterampilan guru, sikap siswa, keterampilan siswa, dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, sikap siswa, keterampilan siswa, dan penguasaan konsep siswa, dengan menerapkan model pembelajarandiscovery learning berbasis lingkungan pada muatanIPA dan Bahasa Indonesia Subtema Pekerjaan Orangtuaku. Penguasaan konsep yang dimaksud di dalam penelitian ini adalah, penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, tidak sekedar menghafalkan saja tetapi benar-benar menguasai materi.Sedangkan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkunganadalah model yang mengasah cara berfikir siswa agar aktif di dalam pembelajaran untuk menemukan konsep materi yang sedang dipelajari, dengan media lingkungan sekitar siswa, yang sering ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadi peningkatan keterampilan guru di dalam proses pembelajaran, terjadi peningkatan sikap siswa dan keterampilan siswa, serta terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa pada subtema pekerjaan orangtuaku muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IVB SD Muhammadiyah 1 Kudus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajarandiscovery learning berbasis lingkungan, sedangkan variabel terikatnya yaitu penguasaan konsep siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, sikap siswa, keterampilan siswa, dan penguasaan konsep siswa dilihat dari hasil belajar kognitif siswa pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik meningkat ke siklus II menjadi 93,67% dengan kriteria sangat baik (2) Sikap siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80,87% dengan kriteria baik meningkat ke siklus II menjadi 87,89% dengan kriteria sangat baik. (3) Keterampilan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 88,57% dengan kriteria sangat baik meningkat ke siklus II menjadi 92,60% dengan kriteria sangat baik (4) Penguasaan konsep siswa dilihat dari hasil belajar kognitif IPA dan Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan, yaitu memperoleh nilai rata-rata ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 91,42% ke siklus II 100%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkunganmuatan IPA dan Bahasa Indonesiasubtema pekerjaan orangtuaku dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dilihat dari meningkatnya hasil belajar kognitif siswa kelas IVB SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Saran dalam penelitian ini, siswa diharapkan lebih belajar memahami setiap permasalahan dan selalu menerapkan sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai karakteristik dan kebutuhan siswa di dalam kurikulum 2013, menggunakan media berbasis lingkungan dan selalu membiasakan siswa menemukan konsep dari materi yang dipelajari.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Penguasaan Konsep Siswa, Subtema Pekerjaan Orangtuaku, Muatan IPA dan Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 13 Aug 2015 07:39
Last Modified: 13 Aug 2015 07:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4596

Actions (login required)

View Item View Item