Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Assertive Trainingmelaluibermainperan Untuk Meningkatkan Sikap Keterbukaan Diri Siswa Kelas X Smkn 3 Kudus

Riyan Coko, Achmad Dwi (2017) Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Assertive Trainingmelaluibermainperan Untuk Meningkatkan Sikap Keterbukaan Diri Siswa Kelas X Smkn 3 Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (399kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (99kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (69kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Download (184kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

LatarbelakangmasalahsesuaidenganhasilobservasidanpengamatanpenulisterhadapsiswapadahariSenin,tanggal 26-30Januari 2016danwawancaradengan guru BK pada jam 10.30-12.00, diketahuiadabeberapasiswakelas X yang mempunyaisikapketerbukaandirinyarendah, sepertitidakmemilikitenggang rasa, tidakmaubekerjasama, tidakmenghargai orang lain. Rumusanmasalah: 1. Apakahfaktor-faktoryang mempengaruhisikapketerbukaandiripadasiswakelas X SMKN 3 Kudus? 2. Apakahmelaluipenerapankonselingbehavioristikteknikassertive training melaluibermainperandapatmeningkatkansikapketerbukaandiripadasiswakelas X SMKN 3 Kudus?Tujuanpenelitian: 1. Menemukanfaktor-faktor yang mempengaruhisikapketerbukaandirisiswakelas X SMKN 3 Kudus. 2. Meningkatkansikapketerbukaandirimelaluipenerapankonselingbehavioristikteknikassertive training melaluibermainperanpadasiswakelas X SMKN 3 Kudus. Manfaatpenelitian; 1.Manfaatteoritis; memperkayakhasanahteoritentangkonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperan. 2. ManfaatPraktis; a. Kepalasekolahdapatmenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonselingbehavioristikuntukmeningkatkansikapketerbukaandiri, b. Guru bimbingandankonselingdapatmenerapakankonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperanuntukmeningkatkansikapketerbukaandirisiswa, c. Guru matapelajarandapatmeningkatkansikapketerbukaandiridalam proses belajarmengajar. d. Walikelasdapatmengetahuisikapketerbukaandirisiswa. e. Siswadapatmeningkatkansikapketerbukaandirimelaluikonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperan. Jenispenelitiandeskriptifkualitatifdenganpendekatankonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluipermaianperan.Subjekpenelitian 3 siswayaitu AR, JS, dan DA yang memilikisikapketerbukaandirirendah.Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data menggunakanteknikanalisainduksisistembacoon. Hasilpenelitian; Klien I (AR)memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenakepribadianintrovertdanpenyesuaiandiri yang rendah.Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklien AR. Klien II (JS) memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenapribadipesimistisdan rasa khawatirakanpenolakan. Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklienJS.Klien III (DA) memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenaindividualistisdanpenerimahubungandariteman yang tidakmendukung.Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklien DA. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhiklien I (AR) kepribadianintrovertdanpenyesuaiandiri yang rendah. Klien II (JS) pribadipesimistisdan rasa khawatirakanpenolakan. Klien III (DA) individualistisdanpenerimahubungandariteman yang tidakmendukung.Disarankansekolahdapatmelakukan monitoring perilakusiswa, guru BK dapatmemberikankonselingindividuteknikassertive denganbermainperanuntukmengentaskansikapketerbukaandiri yang rendah, guru matapelajarandapatmemotvasisiswanya, walikelasdapatmelakukaninteraksisosial, siswahendaknyabersifatterbukaterhadappermasalahan yang dihadapi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Behavioristik, Assertive Training, dan Bermain peran.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Apr 2017 05:01
Last Modified: 10 Apr 2017 05:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6780

Actions (login required)

View Item View Item