Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Assertive Trainingmelaluibermainperan Untuk Meningkatkan Sikap Keterbukaan Diri Siswa Kelas X Smkn 3 Kudus

Riyan Coko, Achmad Dwi (2017) Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Assertive Trainingmelaluibermainperan Untuk Meningkatkan Sikap Keterbukaan Diri Siswa Kelas X Smkn 3 Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1319Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (155Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (389Kb) | Request a copy
        [img] PDF (bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (208Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (305Kb) | Request a copy
            [img] PDF (bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (96Kb) | Request a copy
              [img] PDF (bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (62Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (67Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1061Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Download (179Kb)

                      Abstrak

                      LatarbelakangmasalahsesuaidenganhasilobservasidanpengamatanpenulisterhadapsiswapadahariSenin,tanggal 26-30Januari 2016danwawancaradengan guru BK pada jam 10.30-12.00, diketahuiadabeberapasiswakelas X yang mempunyaisikapketerbukaandirinyarendah, sepertitidakmemilikitenggang rasa, tidakmaubekerjasama, tidakmenghargai orang lain. Rumusanmasalah: 1. Apakahfaktor-faktoryang mempengaruhisikapketerbukaandiripadasiswakelas X SMKN 3 Kudus? 2. Apakahmelaluipenerapankonselingbehavioristikteknikassertive training melaluibermainperandapatmeningkatkansikapketerbukaandiripadasiswakelas X SMKN 3 Kudus?Tujuanpenelitian: 1. Menemukanfaktor-faktor yang mempengaruhisikapketerbukaandirisiswakelas X SMKN 3 Kudus. 2. Meningkatkansikapketerbukaandirimelaluipenerapankonselingbehavioristikteknikassertive training melaluibermainperanpadasiswakelas X SMKN 3 Kudus. Manfaatpenelitian; 1.Manfaatteoritis; memperkayakhasanahteoritentangkonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperan. 2. ManfaatPraktis; a. Kepalasekolahdapatmenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonselingbehavioristikuntukmeningkatkansikapketerbukaandiri, b. Guru bimbingandankonselingdapatmenerapakankonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperanuntukmeningkatkansikapketerbukaandirisiswa, c. Guru matapelajarandapatmeningkatkansikapketerbukaandiridalam proses belajarmengajar. d. Walikelasdapatmengetahuisikapketerbukaandirisiswa. e. Siswadapatmeningkatkansikapketerbukaandirimelaluikonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperan. Jenispenelitiandeskriptifkualitatifdenganpendekatankonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluipermaianperan.Subjekpenelitian 3 siswayaitu AR, JS, dan DA yang memilikisikapketerbukaandirirendah.Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data menggunakanteknikanalisainduksisistembacoon. Hasilpenelitian; Klien I (AR)memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenakepribadianintrovertdanpenyesuaiandiri yang rendah.Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklien AR. Klien II (JS) memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenapribadipesimistisdan rasa khawatirakanpenolakan. Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklienJS.Klien III (DA) memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenaindividualistisdanpenerimahubungandariteman yang tidakmendukung.Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklien DA. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhiklien I (AR) kepribadianintrovertdanpenyesuaiandiri yang rendah. Klien II (JS) pribadipesimistisdan rasa khawatirakanpenolakan. Klien III (DA) individualistisdanpenerimahubungandariteman yang tidakmendukung.Disarankansekolahdapatmelakukan monitoring perilakusiswa, guru BK dapatmemberikankonselingindividuteknikassertive denganbermainperanuntukmengentaskansikapketerbukaandiri yang rendah, guru matapelajarandapatmemotvasisiswanya, walikelasdapatmelakukaninteraksisosial, siswahendaknyabersifatterbukaterhadappermasalahan yang dihadapi.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
                      Uncontrolled Keywords: Behavioristik, Assertive Training, dan Bermain peran.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 10 Apr 2017 12:01
                      Last Modified: 10 Apr 2017 12:01
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6780

                      Actions (login required)

                      View Item