Riyan Coko, Achmad Dwi (2017) Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Assertive Trainingmelaluibermainperan Untuk Meningkatkan Sikap Keterbukaan Diri Siswa Kelas X Smkn 3 Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (69kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SKRIPSI.pptx - Accepted Version Download (184kB) |
Abstrak
LatarbelakangmasalahsesuaidenganhasilobservasidanpengamatanpenulisterhadapsiswapadahariSenin,tanggal 26-30Januari 2016danwawancaradengan guru BK pada jam 10.30-12.00, diketahuiadabeberapasiswakelas X yang mempunyaisikapketerbukaandirinyarendah, sepertitidakmemilikitenggang rasa, tidakmaubekerjasama, tidakmenghargai orang lain. Rumusanmasalah: 1. Apakahfaktor-faktoryang mempengaruhisikapketerbukaandiripadasiswakelas X SMKN 3 Kudus? 2. Apakahmelaluipenerapankonselingbehavioristikteknikassertive training melaluibermainperandapatmeningkatkansikapketerbukaandiripadasiswakelas X SMKN 3 Kudus?Tujuanpenelitian: 1. Menemukanfaktor-faktor yang mempengaruhisikapketerbukaandirisiswakelas X SMKN 3 Kudus. 2. Meningkatkansikapketerbukaandirimelaluipenerapankonselingbehavioristikteknikassertive training melaluibermainperanpadasiswakelas X SMKN 3 Kudus. Manfaatpenelitian; 1.Manfaatteoritis; memperkayakhasanahteoritentangkonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperan. 2. ManfaatPraktis; a. Kepalasekolahdapatmenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonselingbehavioristikuntukmeningkatkansikapketerbukaandiri, b. Guru bimbingandankonselingdapatmenerapakankonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperanuntukmeningkatkansikapketerbukaandirisiswa, c. Guru matapelajarandapatmeningkatkansikapketerbukaandiridalam proses belajarmengajar. d. Walikelasdapatmengetahuisikapketerbukaandirisiswa. e. Siswadapatmeningkatkansikapketerbukaandirimelaluikonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluibermainperan. Jenispenelitiandeskriptifkualitatifdenganpendekatankonselingbehavioristikteknikassertive trainingmelaluipermaianperan.Subjekpenelitian 3 siswayaitu AR, JS, dan DA yang memilikisikapketerbukaandirirendah.Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data menggunakanteknikanalisainduksisistembacoon. Hasilpenelitian; Klien I (AR)memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenakepribadianintrovertdanpenyesuaiandiri yang rendah.Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklien AR. Klien II (JS) memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenapribadipesimistisdan rasa khawatirakanpenolakan. Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklienJS.Klien III (DA) memilikisikapketerbukaandiri yang rendahkarenaindividualistisdanpenerimahubungandariteman yang tidakmendukung.Melaluilayanankonselingindividuteknikassertive training denganbermainperan yang dilaksanakandalamtiga kali pertemuandapatmeningkatkansikapketerbukaandiriklien DA. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhiklien I (AR) kepribadianintrovertdanpenyesuaiandiri yang rendah. Klien II (JS) pribadipesimistisdan rasa khawatirakanpenolakan. Klien III (DA) individualistisdanpenerimahubungandariteman yang tidakmendukung.Disarankansekolahdapatmelakukan monitoring perilakusiswa, guru BK dapatmemberikankonselingindividuteknikassertive denganbermainperanuntukmengentaskansikapketerbukaandiri yang rendah, guru matapelajarandapatmemotvasisiswanya, walikelasdapatmelakukaninteraksisosial, siswahendaknyabersifatterbukaterhadappermasalahan yang dihadapi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Masturi, M.M |
Kata Kunci: | Behavioristik, Assertive Training, dan Bermain peran. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 05:01 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 05:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6780 |
Actions (login required)
View Item |