Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa di SDN Kudus

Murtono, - dan Ratnasari, Yuni dan Oktavianti, Ika (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa di SDN Kudus. [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL. JUDUL) - Submitted Version
Download (296kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Submitted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Submitted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (89kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Submitted Version
Download (166kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (LAMPIRAN) - Submitted Version
Download (464kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (LAMPIRAN: KARTU MATERI) - Submitted Version
Download (335kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, kondisi pembelajaran Sains siswa kelas 5 SD Negeri dirasa kurang memadai. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu model pembelajaran masih menggunakan metode konvesional yaitu dengan metode ceramah. Akibatnya siswa tidak fokus dalam menerima materi, sehingga pada saat diberikan soal-soal ulangan harian, siswa kurang memahami pertanyaan. Siswa cenderung pasif dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dan afektif siswa sangat rendah. Berpijak pada kondisi inilah selanjutnya dilakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan afektif siswa?. Tujuan yang dicapai (1) seberapa besar peningkatan kemampuan kognitif pembelajaran Sains dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (2) seberapa besar peningkatan kemampuan afektif pembelajaran Sains dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan di pada bulan Juli sampai Desember 2011 menggunakan metode PTK. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 di SD Negeri 1 Mejobo SD Negeri 1 Bae, SD Negeri 1 Burikan, SD Negeri 1 Melati Kidul, dan SD Negeri 1 Panjang. Tehnik pengumpulan data dengan tes prasiklus, tes siklus I, tes siklus II dan tes akhir setelah siklus I dan siklus II. Hasil analisi data penelitian adalah diperoleh nilai kognitif dan afektif mulai awal siklus sampai akhir siklus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Nilai rata-rata di SD Negeri 1 Mejobo prasiklus: 53,43; siklus I:84,17; siklus II:90 SD Negeri 1 Bae prasiklus:58,23; siklus I:67,68; siklus II:78; SD Negeri 1 Burikan prasiklus:55,53; siklus I:68,25; siklus II:75; SD Negeri 1 Melati Kidul prasiklus:64,03; siklus I:76,77; siklus II:84 dan SD Negeri 1 Panjang prasiklus:54,65; siklus I:60,19; siklus II:67.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: model Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 20 Feb 2012 06:38
Last Modified: 20 Feb 2012 06:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item