Peningkatan Ketrampilan Membaca dengan Pemanfaatan Layanan Penguasaan Kontren terhadap Siswa Kelas II SDN 2 Wergu Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013

Wati, Ratna (2012) Peningkatan Ketrampilan Membaca dengan Pemanfaatan Layanan Penguasaan Kontren terhadap Siswa Kelas II SDN 2 Wergu Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
cover-lampiran.pdf - Accepted Version

Download (233kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (125kB)

Abstrak

Membaca merupakan salah satu aspek kemampuan berbahasa yang sangat penting, Oleh karena itu keterampilan membaca harus segera dikuasai oleh para siswa di SD karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di SD. Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh keterampilan membaca mereka. Siswa yang tidak mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran. Berdasarkan survey yang dilaksanakan di SD 2 Wergu kulon ditemukan indikasi kecenderungan siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca yaitu pada umumnya keterampilan membaca yang dimiliki siswa masih rendah, siswa masih kurang lancar dalam membacanya, siswa malas dalam belajar membaca, siswa kurang memperhatikan guru dalam mengajar membaca dikelas, siswa mengalami kesulitan dalam pemenggalan kata dan siswa masih ragu-ragu dalam membaca. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas dapat dirumuskan permasalahan: apakah layanan penguasaan konten dapat meninggkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 2 Wergu Kulon Kudus. Tujuan penelitian ini untuk: menemukan peningkatan keterampilan membaca dengan pemanfaatan layanan penguasaan konten terhadap siswa kelas II SDN 2 Wergu Kulon Kudus tahun pelajaran 2012/2012. Manfaat penelitian ini Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap layanan penguasaan konten dalam menambah wawasan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang bimbingan dan konseling. sedangkan Manfaat praktis 1.Bagi kepala Sekolah Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kebijakan kepala sekolah untuk bahan pertimbangan dalam meningkatkan keterampilan membaca pada siswa. 2.Bagi Guru, Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Bagi Siswa Hasil penelitian dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam meningkatkan keterampilan membaca pada siswa dan Dapat menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Wergu Kulon Kudus, sebanyak 14 siswa yang mempunyai keterampilan membaca yang sangat kurang. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (Variabel bebas) dan keterampilan membaca (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu dokumentasi. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan, dengan alokasi waktu 2 x 35 menit (2 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten keterampilan membaca siswa masih sangat kurang. Namun Setelah diberi layanan Penguasaan konten pada sikus I, dengan mengamati beberapa aspek yang diamati pada saat siswa membaca dapat diketahui 1 siswa yang mempunyai keterampilan membaca baik, 8 siswa yang mempunyai keterampilan membaca cukup, dan 4 siswa yang keterampilan membacanya masih kurang. Sedangkan pada siklus II, dengan mengamati bebrapa aspek yang diamati pada saat siswa membaca dapat diketahui diketahui 7 siswa yang mempunyai keterampilan membaca sangat baik, dan 7 siswa yang mempunyai keterampilan membaca baik. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II SDN 2 Wergu Kulon Kudus tahun pelajaran 2012/2013 semester gasal. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan sebelum diberikan layanan penguasaan konten, keterampilan membaca siswa termasuk dalam memperoleh kategori sangat kurang. Namun Setelah diberikan layanan penguasaan konten pada siklus I keterampialn membaca siswa berubah memjadi kategori cukup. Dan pada siklus II keterampilan membaca siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya, Penerapan layanan penguasaan konten perlu diberdayakan disekolah, 2. Guru kelas hendaknya, menerapkan layanan penguasaan konten dalam melakukan proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan pendekatan high touch dan high tech, 3. Bagi siswa hendaknya termotivasi dan proaktif dalam mengikuti pembelajaran dengan layanan penguasaan konten yang diberikan oleh guru sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan, 4. Bagi orang tua siswa juga hendaknya selalu memberikan perhatian kepada anaknya, agar saat dirumah, anakpun masih terkontrol proses belajarnya. Selain itu orang tua juga diharapkan mampu memotivasi anaknya dalam belajar dirumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I = Drs. Sabar Rutoto..Pd
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Membaca (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2013 06:59
Last Modified: 11 Sep 2013 06:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item