Penerapan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia muatan ipa dan bahasa indonesia kelas v sd 5 klumpit

AZIZAH, AMALIA (2019) Penerapan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia muatan ipa dan bahasa indonesia kelas v sd 5 klumpit. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
PDF (HAL. JUDUL)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia dengan tema organ gerak hewan dan manusia. Berpikir kreatif merupakan proses berpikir untuk memunculkan ide-ide baru dalam pembelajaran. Inkuiri terbimbing adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan penyelidikan dan penemuan jawaban dari suatau permasalahan dengan bimbingan guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Muatan IPA dan Bahasa Indonesia Kelas V SD 5 Klumpit. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuri terbimbing berbasis lingkungan, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif siswa tema organ gerak hewan dan manusia. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analis data kuantitatif dan Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembelajaran muatan IPA dan Bahasa indonesia melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan meningkat pada setiap siklus. Rata-rata skor keterampilan mengajar guru siklus I yaitu 2,92 dengan persentase 72,92% termasuk kriteria baik. Meningkat pada siklus II menjadi 3,33 dengan persentase 83,33% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 2,83 dengan persentase 70,69% termasuk kriteria baik. Meningkat pada siklus II sebesar 3,32 dengan persentase sebesar 83,14% termasuk kriteria sangat baik. Sedangkan persentase ketuntasan belajar kemampuan berpikir kreatif siswa pada prasiklus yaitu sebesar 26% dengan kriteria kurang. Pada siklus I menjadi 47% dengan kriteria sedang dan meningkat pada siklus II menjadi 84% termasuk kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia pada siswa kelas V SD 5 Klumpit. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus berusaha meningkatkan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin belajar terutama pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd NIDN : 0619128801
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Berbasis Lingkungan, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Aug 2019 02:25
Last Modified: 10 Aug 2019 02:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item