Dewi, Aulia Shinta (2019) Pengaruh model think pair share berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir Kritis siswa tema pahlawanku kelas iv Sd unggulan muslimat nu. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (561kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (276kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (880kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (263kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisisperbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model Think Pair Share berbantuan media audio visual dengan siswa yang menggunakan model konvensional . (2) Untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan model Think Pair Share berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Think Pair Sharemerupakan suatu model pembelajaran yang memberikan siswa lebih banyak waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain. Berpikir kritis merupakan suatu kegiatan melalui cara berpikir tentang ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep atau masalah yang dipaparkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berupa Quasi Eksperimental Desain dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Unggulan Muslimat NU tahunpelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 36 siswa (kelas eksperimen) dan 35 siswa(kelas kontrol).Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikrandom sampling.Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi serta dokumentasi.Data kemampuan berpikir kritis siswa pada tema pahlawanku dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian.Analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model Think Pair Share berbantuan media audio visual dengan siswa yang menggunakan model Konvensional. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,97 dan pada kelas kontrol sebesar 75,06. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 9,828 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,98 (9,828>1,98). (2) penggunaan model Think Pair Share berbantuan media audio visual sangat efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal itu ditunjukkan dengan pencapaian nilai siswa yang memenuhi KKM baik secara individual maupun kelompok. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Pahlawanku kelas IV SD Unggulan Muslimat NU.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Peembimbing 1 : Imaniar Purbasari, S.Pd NIDN : 0619128801 Pembimbing 2 : Khamdun, S.Pd, M.Pd NIDN : 0612047001 |
Kata Kunci: | Think Pair Share, Media Audio Visual, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 02:00 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 02:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11247 |
Actions (login required)
View Item |