Penerapan pendekatan jelajah alam sekitar berbantu permainan berburu harta karun untuk meningkatkan keterampilan Proses sains pada tema ekosistem

Hakim, Ilham Lukman (2019) Penerapan pendekatan jelajah alam sekitar berbantu permainan berburu harta karun untuk meningkatkan keterampilan Proses sains pada tema ekosistem. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
pdfjoiner (2).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan jelajah alam sekitar berbantu media permainan berburu harta karun untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada tema ekosistem muatan IPA dan Bahasa Indonesia pada kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus, mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui pendekatan JAS pada tema ekosistem muatan IPA dan Bahasa Indonesia di SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Keterampilan proses sains merupakan keseluruhan dari keterampilan yang digunakan untuk menemukan suatu konsep, mengembangkan atau menyangal suatu penelitian yang sudah ada. Pendekatan JAS adalah suatu pendekatan yang memanfaatkan lingkungan alam sekitar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan JAS berbantu media permainan berburu harta karun dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan mengajar guru pada tema ekosistem muatan IPA dan Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1 Bakalan Krapyak dengan subyek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini yaitu pendekatan JAS berbantu media permaian berburu harta karun. Sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan proses sains pada tema ekosistem muatan IPA dan Bahasa Indonesia cukup signifikan untuk siklus I sebesar 63.64 dengan kriteria kurang. Hasil keterampilan proses siklus II sebesar 78.79 dengan kriteria baik. Keterampilan mengajar guru dengan menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar pada siklus I mendapatkan hasil rata-rata sebesar 76 dengan kriteria cukup. Pada siklus II keterampilan guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85.5 dengan kriteria baik.Hal ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan JAS dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan guru pada tema ekosistem muatan IPA dan Bahasa Indonesia pada kelas 5 SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Berdasarkan hasil keterampilan proses dan keterampilan guru pada tema ekosistem kelas V SD 1 Bakalan Krapyak dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan proses dan keterampilan guru pada tema ekosistem kelas V SD 1 Bakalan Krapyak dengan menerapkan pendekatan JAS berbantu permainan berburu harta karun. Disarankan agar menerapkan pendekatan JAS, guru harus lebih mengarahkan siswa agar siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Fina Fakhriyah, M.Pd NIDN : 0616098701 Pembimbing 2 : Khamdun, M.Pd. NIDN : 0612047001
Kata Kunci: Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Media Permainan Berburu Harta Karun, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:34
Last Modified: 22 Aug 2019 02:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item