Penerapan model problem-based learningberbantuan monogram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv Sd n 3 soditan

PUSPITASARI, NILA (2019) Penerapan model problem-based learningberbantuan monogram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv Sd n 3 soditan. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kurangnya keterampilan proses saat pembelajaran matematika di SD N 3 Soditan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui ketercapaian KKM pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik yang diajarkan dengan model Problem-Based Learning berbantuan monogram, (2) untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem-Based Learning berbantuan Monogram, (3) untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Monogram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan yang berjumlah 22 orang dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model Problem-Based Learning berbantuan Monogram, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Analisis data menggunakan uji peningkatan dengan n-gain, uji beda rata-rata dengan paired sample t-test dan uji ketuntasan belajar dengan one sample t-test. Berasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik sebesar 78,22 dan 78,14. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses pada pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Monogram sebesar 0,000<0,05. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik dengan model Problem Based Learning berbantuan Monogram dapat mencapai KKM 70. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem-Based Learning berbantuan Monogram terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses peserta didik kelas IV SD N 3 Soditan. Saran dalam penelitian ini agar guru lebih lanjut mengembangkan model pembelajaran ini agar peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Monogram, Model Problem Based Learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:44
Last Modified: 11 Sep 2020 02:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item