Penerapan model think pair share berbantuan media kartu cerita untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 8 kelas v sdn mojomulyo

RATNANINGRUM, DIANA (2019) Penerapan model think pair share berbantuan media kartu cerita untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 8 kelas v sdn mojomulyo. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru melalui model Think Pair Share berbantuan Kartu Cerita Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN mojomulyo. Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespon serta saling membantu satu sama lain. Model Think Pair Share ini digunakan supaya siswa lebih bisa kreatif dalam berpikir, meningkatkan kerjasama antar siswa, dan supaya lebih percaya diri dalam berbagai pendapat. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah melalui penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mojomulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Tagart yang akan dilaksanakan dengan dua siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan objek 16 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Sharedan media Kartu Cerita, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif yang digunakan yaitu tes jenis uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 70% (Baik) dan pada siklus II sebesar 85% (Sangat Baik). Hasil aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia kelas V SDN Mojomulyo dengan persentase aktivitas belajar siswa siklus I dengan persentase 72% (Baik), siklus II meningkat dengan persentase 80% (Sangat Baik). Hasil belajar siswa dari prasiklus yaitu 56% (Perlu Bimbingan), kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 72% (Cukup), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 91% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan di kelas V SDN Mojomulyo, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media kartu cerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN Mojomulyo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Kartu Cerita, Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Sep 2020 02:31
Last Modified: 19 Sep 2020 02:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12667

Actions (login required)

View Item View Item