Pengaruh model discovery learning berbantuan media permainan anak terhadap pemahaman konsep siswa tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv Sdn langenharjo 01 pati

SYAFA’AH, SITI (2019) Pengaruh model discovery learning berbantuan media permainan anak terhadap pemahaman konsep siswa tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv Sdn langenharjo 01 pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal judul.pdf - Accepted Version

Download (831kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pembelajaran di sekolah yang belum sepenuhnya mengarahkan siswa untuk memahami suatu konsep serta tidak menggunakan model serta media pembelajaran yang menarik menyebabkan pemahaman konsep siswa rendah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning berbantuan media permainan anak terhadap pemahaman konsep siswa dan untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap pembelajaran Discovery Learning berbantuan media permainan anak. Model discovery learning berbantuan media permainan anak merupakan salah satu model pembelajarana yang mengembangkan cara belajar melalui permainan anak sebagai alat bantunya untuk menyampaikan informasi sehingga siswa lebih aktif untuk menemukan dan menyelidiki sendiri. Penelitian One-Group Pretest-PosttestDesignini dilaksanakan di kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan media permainan anak, sedangkan variabel terikatnya pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, angket, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu Uji-t dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery Learning berbantuan media permainan berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa, dilihat dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) < α (0,000 < 0,05), (2) siswa dan guru memberikan respon lebih >75% terhadap pembelajaran model Discovery Learning berbantuan media permainan anak, dilihat dari analisis statistik kuantitatif deskriptif yang menunjukkan respon lebih rata-rata > 75%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model Discovery Learning berbantuan media permainan anak terhadap pemahaman konsep siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Untuk itu di sarankan kepada guru untuk menggunakan model Discovery Learning berbantuan media permainan anak dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku maupun materi yang lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Khamdun, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Permainan Anak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Sep 2020 03:00
Last Modified: 19 Sep 2020 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item