SYAFA’AH, SITI (2019) Pengaruh model discovery learning berbantuan media permainan anak terhadap pemahaman konsep siswa tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv Sdn langenharjo 01 pati. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Hal judul.pdf - Accepted Version Download (831kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (191kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (235kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran di sekolah yang belum sepenuhnya mengarahkan siswa untuk memahami suatu konsep serta tidak menggunakan model serta media pembelajaran yang menarik menyebabkan pemahaman konsep siswa rendah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning berbantuan media permainan anak terhadap pemahaman konsep siswa dan untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap pembelajaran Discovery Learning berbantuan media permainan anak. Model discovery learning berbantuan media permainan anak merupakan salah satu model pembelajarana yang mengembangkan cara belajar melalui permainan anak sebagai alat bantunya untuk menyampaikan informasi sehingga siswa lebih aktif untuk menemukan dan menyelidiki sendiri. Penelitian One-Group Pretest-PosttestDesignini dilaksanakan di kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan media permainan anak, sedangkan variabel terikatnya pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, angket, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu Uji-t dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery Learning berbantuan media permainan berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa, dilihat dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) < α (0,000 < 0,05), (2) siswa dan guru memberikan respon lebih >75% terhadap pembelajaran model Discovery Learning berbantuan media permainan anak, dilihat dari analisis statistik kuantitatif deskriptif yang menunjukkan respon lebih rata-rata > 75%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model Discovery Learning berbantuan media permainan anak terhadap pemahaman konsep siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Untuk itu di sarankan kepada guru untuk menggunakan model Discovery Learning berbantuan media permainan anak dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku maupun materi yang lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Khamdun, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Permainan Anak. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Sep 2020 03:00 |
Last Modified: | 19 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12669 |
Actions (login required)
View Item |