Peningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran auditory intellectually repetition Pada kelas iv berbantuan media Pop-up sd 2 garung lor kudus

JANAH, FEBY FITROTUL (2019) Peningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran auditory intellectually repetition Pada kelas iv berbantuan media Pop-up sd 2 garung lor kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis, aktivitas belajar sisw dan keterampilan guru dengan menerapkan model Auditory Intellectual Repetitonberbantuan media Pop-Up Pada Siswa Kelas IV SD 2 Garung Lor Kudus. Berpikir kritis adalah suatu proses kegiatan mental yang terarah dan jelas tentang suatu masalah yang meliputi merumuskan masalah, menentukan keputusan, menganalisis dan melakukan penelitian ilmiah yang akhirnya menghasilkan suatu konsep yang diyakini berdasarkan sumber terpercaya. Model AIR meliputi tiga aspek yaitu Auditory (mendengar), Intellectually (berpikir), dan Repetition (pengulangan). Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetiton pada kelas IV berbantuan media Pop-Up SD 2 Garung Lor Kudus Penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di kelas IV SD 2 Garung Lor Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah berpikir kritis siswa. Sedangkan variabel bebas adalah model Auditory Intellectual Repetiton dan Media Pop-Up. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisi data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,35 kualifikasi perlu bimbingan, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,29 kualifikasi baik (2) aktivitas belajar siswa aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,37 kualifikasi perlu bimbingan dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,245 kualifikasi cukup. Aktivitas belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I memperoleh nilai sebesar 72,26 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,785 kualifikasi cukup. (3) kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,73 kualifikasi perlu bimbingan dengan ketuntasan klasikal sebesar 45,45% dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,38 kualifikasi cukup dengan ketuntasan klasikal sebesar 81,81%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan media pop-up dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SD 2 Garung Lor Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Sehingga guru dapat menggunakan model Auditory Intellectually Repetition berbantuan media pop-up pada saat mengajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., MA
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Model Auditory Intellectually Repetition, Media Pop-Up.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:38
Last Modified: 21 Sep 2020 02:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item View Item