Penerapan model pembelajaran circuit learning berbantuan media kokopi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keragaman Suku bangsa dan agama di indonesia Kelas iv sdn 01 keben pati

Astuti, Widyana Puji (2019) Penerapan model pembelajaran circuit learning berbantuan media kokopi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keragaman Suku bangsa dan agama di indonesia Kelas iv sdn 01 keben pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Circuit Learning dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada subtema keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 01 Keben. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melalui proses belajar. Circuit Learning adalah suatu model pembelajaran yang inovatif yang memaksimalkan daya pola pikir, perasaan dengan pola bertambah dan mengulang. Permainan Kokopi adalah media pembelajaran yang mengadaptasi permaianan ular tangga. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 01 Keben Pati dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Circuit Learning. Variabel terikat adalah hasil belajarsiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa yakni (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor (165) dengan persentase (82,5), dan siklus II skor (180) dengan (90); (2) hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan IPS pada pra siklus memperoleh ketuntasan 33%, meningkat menjadi 61,11% di siklus I, kemudian meningkat lagi di siklus II 94,44%, muatan Bahasa Indonesia pada pra siklus memperoleh ketuntasan klasikal 27%, meningkat menjadi 66,67% di siklus I, kemudian meningkat lagi di siklus II 94,44%. (3) hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I mendapatkan persentase sebesar (66,67%), meningkat pada siklus II sebesar (94,44%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 01 Keben dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media kokopi dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar pada materi subtema keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia kelas IV SD Negeri 01 Keben. Penelitian menyarankan supaya guru lebih inovatif dalam melakukan pembelajaran dengan berbagai model dan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S. Pd., M.A.
Kata Kunci: Circuit Learning, Kokopi, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:40
Last Modified: 22 Sep 2020 02:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item