SHOLIKHAH, SITI (2019) The use of instagram as a media To teach students’ writing recount text. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. depan)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version Download (218kB) | Preview |
Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Instagram adalah media sosial yang dapat digunakan sebagai media untuk mengajar siswa dalam menulis teks recount. Hal ini karena dalam Instagram, terdapat banyak fitur yang dapat digunakan siswa untuk meningkatkan minat mereka dalam proses belajar dan mengajar terutama dalam menulis. Dari teori kebiasaan dan materi othentik, peneliti menggunakan media ini untuk mengajar siswa dalam menulis teks recount. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara tulis teks recount siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Instagram sebagai media atau tidak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan eksperimen semu sebagai desain penelitian. Jumlah sampel adalah 36 siswa dari X MIPA 4 yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Tes ini berupa tes menulis untuk mengetahui tulisan teks recount siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Instagram sebagai media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 6,8 menjadi 8,8 dan dari kategori baik menjadi kategori sangat baik. Dan standar deviasi dari skor siswa telah menurun dari 0,89 menjadi 0,83 yang berarti bahwa skor post-tes siswa didistribusikan dengan baik daripada skor pre-test. Dan perhitungan uji-t menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Itu karena to (t hasil) jatuh di wilayah kritis dan untuk (t hasil) lebih dari tt (t kritis). To (t hasil) adalah 5.3 sedangkan tt (t kritis) adalah 2.042. Sebagai kesimpulan, ada perbedaan yang signifikan antara tulisan teks recount siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan Instagram sebagai media. Selain itu, peneliti menyarankan bahwa guru harus memiliki manajemen yang baik dalam mengendalikan siswa ketika mereka menggunakan ponsel di kelas dan juga memastikan bahwa siswa memahami dengan baik tentang materi sebelum mereka mempraktikkan kemampuan menulis mereka.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Drs. Muh. Syafei, M.Pd., pembimbing 2:Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S, M.Pd. |
Kata Kunci: | Instagram, Media, Text Recount, Menulis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 06:11 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 06:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12813 |
Actions (login required)
View Item |