Pendidikan nilai pancasila melalui pembelajaran metode role playing siswa sekolah dasar (studi kasus di kelas v sdn 1 datar)

Adittia, Arya (2019) Pendidikan nilai pancasila melalui pembelajaran metode role playing siswa sekolah dasar (studi kasus di kelas v sdn 1 datar). Master thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar Pustaka]
Preview
Text (daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan penurunan angka pro-pancasila pada masyarakat Indonesia yang perlu segera dibenahi khususnya pada dunia pendidikan. Pendidikan yang paling rendah bagi masyarakat adalah sekolah dasar sehingga perlu ada kajian tentang metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh guru sekolah dasar dalam rangka pendidikan nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan memberi deskripsi tentang perencanaan, pelaksanaan, dan dampak pendidikan nilai pancasila melalui pembelajaran role playing pada siswa sekolah dasar. Untuk mendeskripsikan penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif model studi kasus pada kelas 5 SDN 1 Datar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode dari Miles dan Huberman melalui 3 prosedur yaitu, mereduksi data; menyajikan data; dan melakukan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan uji credibility yang meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, membercheck; kemudian transfermability; Dependability; dan confirmability Hasil penelitian menunjukkan guru telah memiliki perencanaan yang matang dan selalu membaca literatur sebelum pembelajaran sehingga mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar. Proses pembelajaran memperlihatkan kelas menjadi hidup karena pembelajaran yang dilakukan menyenangkan dengan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi seninya. Dampak model pembelajaran role playing terhadap pembelajaran pendidikan nilai pancasila menjadikan siswa aktif, senang, tidak bosan dan mudah mengingat pelajaran, kemudian model ini juga memfasilitasi potensi siswa serta dapat melatih kemampuan berbicara dan mengembangkan rasa percaya diri. Kesimpulan penelitian ini adalah Perencanaan pembelajaran yang matang dengan memperkaya pengetahuan melalui literasi penting dilakukan. Pendidikan nilai pancasila dapat dilakukan setiap hari melalui pembiasaan sikap. Pendidikan nilai pancasila menggunakan metode role playing menjadikan siswa aktif, suasana jadi menyenangkan, siswa mudah mengingat materi, dapat memfasilitasi potensi pada diri siswa, melatih siswa mengeksplorasi hubungan antar manusia, serta dapat melatih kemampuan berbicara dan meningkatkan rasa percaya diri. Saran yang disampaikan adalah Guru dapat menggunakan metode pembelajaran role playing dalam menyampaikan materi pendidikan nilai pancasila. Penelitian lain dapat melanjutkan penelitian dengan cakupan yang lebih luas. Sekolah agar tetap meningkatkan lagi penerapan pendidikan nilai Pancasila dalam proses pembelajaran atau kegiatan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Slamet Utomo, M.Pd Dr. Sri Surachmi W, M.Pd
Kata Kunci: Nilai Pancasila, Role Playing
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 04:58
Last Modified: 07 Nov 2020 04:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item View Item