ISNAINI, FAIZATUL MUNA (2019) Penerapan model time token berbantuan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara Pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd 6 jekulo. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (914kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (264kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa melalui model Time Token berbantuan media gambar pada tema cita-citaku muatan Bahasa Indonesia dan PPKn di kelas IV SD 6 Jekulo Kudus. Berbicara merupakan suatu keterampilan yang dilakukan untuk menyampaikan pesan dengan bahasa lisan. Model Time Token adalah model pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan berbicara di depan umum. Strategi pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan kupon berbicara, siswa yang mendapati nomor kuponnya dipanggil oleh guru wajib tampil berbicara sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Penelitan ini menggunakan media gambar. Media gambar merupakan media pembelajaran yang menyalurkan pesan lewat indera pandang atau penglihatan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Jekulo Kudus dengan subyek penelitian 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara, sedangkan variabel bebasnya adalah model Time Token dan media gambar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 66,12% (sedang), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,2% (tinggi). Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 47% (rendah) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,11% (tinggi). Keterampilan berbicara siswa menyampaikan pendapat terkait keberagaman dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika pada prasiklus memperoleh persentase 31% (sangat rendah), setelah dilakukan tindakan penelitian pada siklus I memperoleh persentase 56% (sedang), dan meningkat pada siklus II menjadi 77,8% (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa keals IV SD 6 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa model Time Token berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa menyampaikan pendapat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika pada proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Santoso, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Time Token, media gambar, keterampilan berbicara |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:17 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 03:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12967 |
Actions (login required)
View Item |