Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Think pairs share (tps) berbantuan media video edukatif tema 7 subtema i kelas iv sdn 04 loram kulon

LESTARI, YULI (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Think pairs share (tps) berbantuan media video edukatif tema 7 subtema i kelas iv sdn 04 loram kulon. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar PPKn dan Bahasa Indonesia siswa mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan kelas IV SDN 04 Loram Kulon. aspek keterampilan melalui diterapkanya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media video edukatif pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku. Hasil belajar merupakan suatu perubahan sikap dalam kegiatan pembelajaran dengan tipe aspek yaitu aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) merupakan model dengan teknik mencatat informasi yang diterima peserta didik agar lebih mudah diingat dengan bantuan catatan. Penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Tagart dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahap tiap siklus adalah perencanaan, pelaksaan, observasi dan evaluasi tindakan, dan refleksi. Dilakukan di kelas IV SDN 04 Loram Kulon dengan subjek penelitian 16 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki da 9 siswa perempuan. Variabl bebas dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan variabel terikat dari penelitian ini yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tes uraian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) Keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I 74 perlu bimbingan dan mengalami peningkatan pada siklus II 86,63 kategori baik. (2) Aspek sikap pada siklus I memperoleh rata-rata 75 dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh rata-rata pada siklus II 81 dengan kategori cukup. (3) Aspek keterampilan pada siklus I memperoleh rata-rata 76 kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 87 kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media video edukkatif dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar ranah pengetahuan, hasil belajar ranah keterampilan dan hasil aspek sikap. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan remidi yang belum tuntas dan siswa lebih banyak berlatih.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Video Edukatif, PPKn dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:28
Last Modified: 08 Jan 2021 02:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item