MUNA, FITROTUL (2019) Peningkatan pemahaman konsep melalui model somatic, auditory, visual, intellectual berbantuan Mediaaudio visual pada tema6 cita-citaku Siswakelas iv sdnpule jepara. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (417kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (238kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (205kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual,Intellectual) berbantuan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran Tema 6 Cita-citaku muatan IPA dan Bahasa Indonesia kelas IV di SDNPule Jepara tahun ajaran 2019/2020. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk memahami suatu pembelajaran bukan hanya mengingat sebuah realita atau fakta melainkan dengan kemampuan menjelaskan, menafsirkan, atau menangkap makna atau arti. Model pembelajaranSAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) merupakan model pembelajaran yang membuat seluruh tubuh dan pikiran (semua alat indra) siswa terlibat dalam proses pembelajaran tersebut, diantaranya yaitu melihat, mendengar, dan siswa teribat langsung.Hipotesis yang diajukan adalah pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dengan diterapkannya model SAVI berbantuan audio visual dapat meningkat. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN Pule Jepara, subjek penelitian 15 siswa kelas IV. Variabel bebas adalah model SAVI, sedangkan variabel terikat adalah Pemahaman Konsep dan aktivitas belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini adalah deskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model SAVI dapat meningkatkan Pemahaman konsep pada siklus I ke siklus II dari rata-rata 69,5 menjadi 78 (cukup baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II dari rata-rata 70,1 menjadi 80,9 (cukup baik). Keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari rata-rata 67,6 menjadi 87,5 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwamelalui penerapan model SAVIberbantuan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa dan keterampilanguru,pada Tema 6 Cita-citaku kelas IV SDN Pule Jepara.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr.Moh Khanzunuddin, M.Pd., Pembimbing 2 Siti Masfuah, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, SAVI, Audio Visual. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 03:23 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 03:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13133 |
Actions (login required)
View Item |