UPAYA MENINGKATKANKEMANDIRIAN BELAJARMELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTENPADASISWA KELAS V SD N 2 TUNGGUL NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

KUKUH HANGGARJITO, MIFTAH (2013) UPAYA MENINGKATKANKEMANDIRIAN BELAJARMELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTENPADASISWA KELAS V SD N 2 TUNGGUL NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (821kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (94kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

mempunyai kemandirian belajar yang rendah seperti,kurang percaya diri, masih ada ketergantungan kepada temannya dalam menghadapi masalah belajar, disiplin belajar masih kurang, kurang mengetahui cara belajar yang baik, malas dalam mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru, kurang bisa belajar sendiri. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajarpada siswa kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat menemukan seberapa besar peningkatan kemandirian belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan penguasaan konten siswa kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik:Hasil penelitian ini dapat lebih memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai acuan untuk penelitian yang lebih luas lagi.2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah,sebagai bahan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk membantu dalam mengembangkan dan meningkatkan minat belajar siswa. 2. Bagi Guru Kelas, dapat digunakan oleh Guru Kelas untuk dijadikan bahan acuan atau informasi ilmiah untuk menentukan kebijakan tentang proses pelaksanaan layanan-layanan bimbingan dan konseling pada umumnya dan layanan penguasaan konten khususnya di sekolah. 3. Bagi Siswa, sebagai motivasi siswa dalam meningkatkan kemandirian belajar. 4. Bagi Peneliti, Sebagai tambahan pengetahuan dan pengalaman sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya. Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas V SD N Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013.” Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, sebanyak 26 siswa yang kemandirian belajarnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten(variabel bebas) dan kemandirian belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4pertemuan membahas4 materi dengan alokasi waktu 70 menit. Berdasarkan Hasil Observasi pra siklus Kemandirian Belajar Siswa dalam kategori kurang ( rata-rata skor 2 ).Siklus I Kemandirian Belajar Siswa belum banyak peningkatan masih dalam kategori kurang (2,1).Siklus II Kemandirian Belajar Siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari kategori kurang menjadi baik ( 2,1 menjadi 4,0 ).Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa pra siklus 2 - 2,1 kemudian siklus II 4 – 4,0. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan kontendapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara.Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada kepala sekolah Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK kepada kelas V agar program BK dapat terlaksana, khususnya layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.2.Kepada konselor, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan kemandirian belajar siswa secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal.3. Kepada siswa, Diharapkan siswa memiliki kemandirian yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto, M.Pd, Kons. Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Kata Kunci: Kemandirian Belajar: Layanan Penguasaan Konten.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 24 Jul 2013 03:44
Last Modified: 24 Jul 2013 03:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item