PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN PERMAINAN LARGA PADA TEMA 1 MUATAN BAHASA INDONESIA DAN IPSKELAS V SD 1 UNDAAN KIDUL KUDUS

Anita Lusiana, Tri (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN PERMAINAN LARGA PADA TEMA 1 MUATAN BAHASA INDONESIA DAN IPSKELAS V SD 1 UNDAAN KIDUL KUDUS. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Manusia dan Lingkungan, Lingkungan dan Manfaatnya mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SD 1 Undaan Kidul Kudus. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melalui proses pembelajaran. Numbered Head Together (NHT) adalah model pembelajaran yang mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing kelompok memiliki bagian tugas (pertanyaan) dengan nomor yang berbeda-beda. Media Larga adalah akronim dari media ular tangga. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 1 Undaan Kidul dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Numbered Heda Together (NHT). Variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas pada siklus I sebesar 87% (baik) menjadi 90% (sangat baik). Pada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dan IPS ada dua ranah yaitu ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Pada ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia diperoleh hasil pada siklus I 67% (perlu bimbingan) menjadi 83% (baik) pada siklus II sedangkan muatan IPS diperoleh hasil sebesar 67% (perlu bimbingan) mengalami peningkatan menjadi 78% (cukup). Pada ranah keterampilan pada muatan Bahasa Indonesia diperoleh hasil pada siklus I sebesar 78% (baik) menjadi 93% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan muatan IPS diperoleh hasil sebesar 73% menjadi 89% Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbred Head Together (NHT) dengan permaian larga dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan IPS ranah pengetahuan dan ranah keterampilan siswa Kelas V SD I Undaan Kidul dan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Ristiyani, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2: Santoso, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Permainan Larga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:51
Last Modified: 23 Feb 2021 04:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13313

Actions (login required)

View Item View Item