Penerapan model group investigation berbantuan media permainan egrang batok untuk meningkatkan karakter cinta tanah air siswa kelas iv sd kayuapu tema 4 berbagai pekerjaan

LAILYANINGTYAS, LAILYANINGTYAS (2020) Penerapan model group investigation berbantuan media permainan egrang batok untuk meningkatkan karakter cinta tanah air siswa kelas iv sd kayuapu tema 4 berbagai pekerjaan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya karakter cinta tanah air, dari 19 siswa yang menunjukkan karakter cinta tanah air yaitu (53,0%) sedangkan siswa yang belum menunjukkan karakter cinta tanah air yaitu (47,0%). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan guru, dan mendiskripsikan peningkatan karakter cinta tanah air siswa menggunakan Group Investigation berbantuan media permainan egrang batok pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia materi pengamalan sila Pancasila dan mengungkapkan pendapat pribadi (cerita, dongeng, dan sebagainya). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru dan karakter cinta tanah air siswa menggunakan model group investigation berbantuan permainan egrang batok pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia. Group Investigation merupakan model pembelajaran dimana siswa diminta untuk menyelesaikan suatu masalah dengan berkelompok. Permainan tradisonal egrang batok merupakan permainan yang terbuat dari setengah batok kelapa yang dikaitkan dengan tali dan dimainkan dengan cara berjalan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Kayuapu Kudus dengan subjek penelitian 19 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah karakter cinta tanah air siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Group Investigation berbantuan media egrang batok. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan Group Investigation berbantuan permainan egrang batok dapat meningkatkan keterampilan guru dengan persentase 87%, karakter cinta tanah air siswa 85% dan hasil tes klasikal pada mata pelajaran PPKn 89% dan Bahasa Indonesia 84% siswa kelas IV SD Kayuapu. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Group Investigation berbantuan permainan egrang batok dengan menguasai kelas dengan baik dalam menyampaikan materi, serta saat diskusi kelompok dan saat presentasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Karakter Cinta Tanah Air, Model Group Investigation, Media Permainan Egrang Batok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:05
Last Modified: 03 Mar 2021 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item