Pengembangan bahan ajar cergam berorientasi problem based learning berbantuan android untuk meningkatkan hasil belajar ipa

ZULIFAH, SITI (2020) Pengembangan bahan ajar cergam berorientasi problem based learning berbantuan android untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (877kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android, (2) merumuskan pengembangan desain bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android, (3) menganalisis respon guru dan siswa terhadap kepraktisan bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android, (4) menganalisis keefektifan bahan ajar. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV sekolah dasar Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan sepuluh langkah, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan ujicoba pemakaian, revisi produk akhir dan diseminasi. Percobaan uji kepraktisan dan uji efektivitas dilakukan pada 64 peserta didik kelas 4 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian bahan ajar, kuesioner kepraktisan, dan tes hasil belajar kognitif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis lembar validasi, analisis angket kepraktisan, angket respon guru dan peserta didik, dan analisis perolehan uji t untuk mengetahui keefektivan. Bahan ajar terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 4 orang validator masing-masing 53, 22, 57 dan 53 kriteria sangat baik. Penggunaan bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android efektif meningkatkan hasil belajar yang terbukti dari peningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase pretest pada kelompok kontrol dan eksperimen adalah hampir sama, yaitu 63,81 kelas kontrol dan 64,50 kelas eksperimen. Setelah diberikan intervensi, rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 76,19 dan 83,25. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 3,796. Nilai t tabel untuk df = 80 dengan taraf signifikan 5% diketahui sebesar 1,988. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 86,7% dan 85,4% dari kriteria minimal 75,01%. Aktivitas belajar siswa kelas kontrol mencapai rerata 60% dan kelas eksperimen 74%. Simpulan yang diperoleh yaitu bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android efektif meningkatkan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Disarankan agar guru menggunakan bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Problem Based Learning, Android, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 20:08
Last Modified: 07 May 2021 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item