English teachers’ perceptions toward teaching vocabulary using real object In smp 1 kaliwungu kudus

INAWATI, IIN (2020) English teachers’ perceptions toward teaching vocabulary using real object In smp 1 kaliwungu kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL.JUDUL.pdf - Published Version

Download (798kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan teori Piaget, anak-anak berusia sekitar 12 tahun atau operasional konkrit berkurang kemampuannya jika tanpa benda fisik, mereka akan kesulitan dalam mengerjakan tugas logika. Berdasarkan teori tersebut, guru bahasa inggris di SMP 1 Kaliwungu Kudus sudah terbiasa menggunakan media yang menarik objek nyata untuk membantu guru dalam kegiatan mengajar dan dapat menjadi titik strategi menarik guru dalam kegiatan kosa kata Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi guru Bahasa Inggris terhadap pengajaran kosa kata menggunakan objek nyata di SMP 1 Kaliwungu Kudus menurut keunggulan penggunaan objek nyyata, penerapan objek nyata, dan kesempatan siswa dalam menggunakan objek nyata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 guru bahasa Inggris di SMP 1 Kaliwungu Kudus. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner, dan wawancara tentang pengajaran kosa kata menggunakan objek nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan yang diberikan oleh peneliti akan dikategorikan ke dalam tiga aspek persepsi guru bahasa Inggris terkait dengan kosa kata pengajaran menggunakan objek nyata. Yang pertama adalah kelebihan menggunakan objek nyata, menunjukkan bahwa (48% dari 100%, total sangat setuju dan setuju jawaban). Jadi, keuntungan menggunakan objek nyata berguna dalam aspek menghafal kosakata siswa, aspek pelafalan, strategi yang menarik bagi guru dan media yang menarik untuk berbagi kosakata,. Aspek kedua adalah penerapan objek nyata, menunjukkan bahwa (45% dari 100%, jawaban yang sangat setuju dan setuju). Jadi, penerapan objek nyata dapat menggunakan benda-benda dapat memungkinkan siswa untuk menghubungkan antara kehidupan mereka sendiri ketika mereka memahami konsep dan ide-ide baru. Aspek terakhir adalah kesempatan siswa menggunakan objek nyata, menunjukkan bahwa (41% dari 100%, jawaban yang sangat setuju dan setuju). Mereka menikmati dan tertarik belajar kosa kata, siswa lebih mudah mengingat kosa kata baru dan siswa mudah memahami kosa kata. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa persepsi guru bahasa inggris terhadap objek nyata yaitu berguna dalam aspek mengingat, aspek pengucapan, media yang menarik yang bisa diterapkan dalam kelas dan siswa bisa menghubungkan antara kehidupannya dengan yang dirasakannya. Peneliti berharap media objek nyata dapat diterapkan di pembelajaran kosa kata dan pihak sekolah dapat menambahkan media objek nyata untuk guru gunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd, Dosem Pembimbing (2) Rusiana, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Guru Bahasa Inggris, Pengajaran Kosakata, Benda Nyata
Subjects: Bahasa dan sastra > Sastra Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jun 2021 19:34
Last Modified: 27 Jun 2021 19:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item