Pertimbangan yuridis majelis hakim dalam menjatuhkan vonis bagi penyalahguna narkotika (studi putusan nomor 104/pid.sus/2019/pn.pti)

Wibowo, Samuel Agung (2021) Pertimbangan yuridis majelis hakim dalam menjatuhkan vonis bagi penyalahguna narkotika (studi putusan nomor 104/pid.sus/2019/pn.pti). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (768kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (540kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (487kB)

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Pertimbangan Yuridis Majelis Hakim Dalam Menjatuhkan Vonis Bagi Penyalahguna Narkotika (Studi Putusan Nomor 104/Pid.Sus/2019/PN.PTI”, secara umum bertujuan menjelaskan tentang Pertimbangan Yuridis Majelis Hakim dalam menerapkan pasal yang tepat bagi terdakwa dalam kasus perkara Nomor 104/Pid.Sus/2019/PN.PTI. Sebab beberapa pasal yang terdapat di dalam Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika memiliki makna yang luas sehingga sering terjadi multitafsir oleh para aparat penegak hukum. Penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan kasus (Case Approach). Pendekatan perundang-undangan (statue approach) digunakan karena fokus sekaligus tema sentral dari penelitian normatif adalah berbagai aturan hukum. Pendekatan perundang-undangan pun digunakan untuk menelaah semua Undang Undang dan regulasi yang berkaitan dengan penelitian dan pendekatan dan pendekatan kasus (case approach) digunakan untuk membangun argumentasi hukum melalui kasus-kasus konkrit di lapangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan pertama, bahwa pertimbangan yuridis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati yang lebih memilih dakwaan alternatif kesatu yaitu pasal 112 Ayat 1 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 daripada dakwaan alternatif kedua Pasal 127 ayat 1 huruf a Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dalam mengadili terdakwa pada putusan Nomor 104/Pid.Sus/2019/PN.PTI dikarenakan perbuatan terdakwa menurut Majelis Hakim memenuhi rumusan Pasal 112 ayat 1 daripada pasal 127 ayat 1 huruf a dengan pertimbangan bahwa terdakwa berencana memberikan sebagian Narkotika Golongan I yang dibawanya untuk teman terdakwa. Kedua, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati yang memutus perkara nomor 104/Pid.Sus/2019/PN.PTI telah mempertimbangkan dan memperhatikan fakta-fakta dalam persidangan, namun Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati tidak memasukan salah satu fakta yang terungkap di persidangan dalam pertimbangan perolehan fakta hukum pada putusan nomor 104/Pid.Sus/2019/PN.PTI halaman 10, yaitu hasil pemeriksaan skrining narkoba instalasi laboratorium Klinik RSUD RAA SOEWONDO tanggal 20 Mei 2019 yang ditandatangani oleh dr.ENNY ROHMAWATI, SpPK, telah melakukan pemeriksaan urine EKO SURYANTO bin (ALM) SLAMET dengan hasil POSITIF mengandung Methamphetimine

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Hidayatullah, S.H, M.Hum Pembimbing 2. Wiwit Ariyani, S.H., M.Hum
Kata Kunci: Pertimbangan Yuridis, Vonis, Tindak Pidana Narkotika
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum negara
Hukum > Hukum agama secara umum. Perbandingan hukum agama
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Sep 2021 22:55
Last Modified: 26 Sep 2021 22:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14895

Actions (login required)

View Item View Item