Pengembangan media pop-up berbasis kearifan lokal pada kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku di sekolah dasar

KHAMIDAH, NOOR (2021) Pengembangan media pop-up berbasis kearifan lokal pada kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku di sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.doc.pdf - Published Version

Download (845kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Pengembangan media pembelajaran Pop Up berbasis kearifan lokal untuk kelas IV sekolah dasar, tema 8 daerah tempat tinggalku dan menguji media yang dikembangkan apakah lebih efektif dibandingkan media yang selama ini diterapkan guru dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development) menurut Borg & Gall dalam Deanna (2012:02) Pada Penelitian dilakukan sampai pada langkah ketujuh yang dibagi 4 tahapan penelitian yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan media; validasi, revisi, dan evaluasi; dan implementasi media. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan pengamatan atau observasi, wawancara, dan kuesioner dan juga tes. Berdasarkkan pendekatan yang digunakan dan jenis data yang ingin diperoleh, maka penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan yang diperoleh berdasarkan penelitian pendahuluan sangat diperlukan adanya pengembangan media pembelajaranyang dapat digunakan dalam pembelajaran kelas 4, yaitu perlunya pengembangan media pop up berbasis kearifan lokal. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini media pop up berbasis kearifan lokal. Media yang dikembangkan telah melewati uji validitas dari pakar maupun teman sejawat. Berdasarkan hasil hasil validasi tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil validasi, baik media perangkat pendukung media, maupun buku pedoman media yang sangat valid. Selanjutnya diuji cobakan media pembelajaran pop up berbasis kearifan lokal kudus yang dikembangkan sangat valid dan sangat layakdigunakan pada uji media. Dengan rata-rata skor hasil validasi mencapai 90% pada setiap aspek. Media pembelajaran pop up berbasis kearifan lokal kudus yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran dikelas IV sekolah dasar pada tema 8 Daerah tempat tinggalku. Yang dibuktikan dengan tingginya rata-rata ketuntasan belajar siswa,ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal disetiap sekolah sangat tinggi dengan rata-rata hasil persentase skor mencapai 90% pada setiap pelajaran. Melalui pengembangan media pembelajaran pop up berbasis kearifan lokal diharapkan bermanfaat bagi guru untuk ikut serta merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis kearifan lokal disekolah sebagai upaya pengenalan kearifan lokal dan penanaman rasa cinta terhadap kearifan lokal dilingkungan sekitarnya. Disamping itu juga bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar karena pembelajaran yang didapat lebih bermakna. Hasil analisis N-Gain menunjukkan bahwa kelas ekperimen mendaptakan skor rata-rata Gain 0,4072 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata Gain 0,0193 dengan kategori rendah. Berdasarkan kriteria keefektifan n-gain ≥ 0,30 maka model pembelajaran menggunakan media pembelajaran Pop Up berbasis kearifan lokal Kudus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil Uji Paired Sample t Test kelas eksperimen diperoleh nilai thitung = 10,637 > ttabel = 1,687 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan pos-test kelas ekperimen yang menggunakan media pembelajaran Pop Up berbasis kearifan lokal Kudus. Sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai thitung = -1,961 > ttabel = 1,689 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.058 > 0,05, dapat disimpulkan tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk pre-test kelas kontrol dengan pos-test kelas kontrol. Uji Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung = 4,057 > ttabel = 1,665 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran Pop Up berbasis kearifan lokal Kudus dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan pengembangan media Pop Up berbasis kearifan lokal efektif dan layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar di kabupaten kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2. Dr. Moh Kanzunnuddin, M.Pd.,
Kata Kunci: Media Pop Up, Kearifan Lokal, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2021 22:04
Last Modified: 27 Sep 2021 22:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item View Item