RAVIDA, YUNI (2021) Konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi malas belajar di panti asuhan singo candi. Sarjana thesis, UMK.
![]() |
Text (HAL JUDUIL)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (534kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (136kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (121kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya malas belajar pada peserta didik Panti Asuhan Singo Candi, 2. Mengatasi permasalahan malas belajar melalui Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management pada peserta didik Panti Asuhan Singo Candi. Malas belajar merupakan keengganan atau ketidaksukaan seseorang atau siswa terhadap belajar dan menjadikan sebagai hambatan untuk mencapai hasil belajar yang kurang optimal, sehingga harus ditangani. Jadi lebih tepatnya minat belajar siswa rendah. Untuk itu sebagai guru dan orang tua harus dapat menumbuhkan minat dan meningkatkan motivasi belajar siswa agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Untuk mengatasi malas belajar yang baik, peneliti berupaya untuk menerapkan Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management untuk mengatasi Malas Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah peserta didik panti Asuhan Singo Candi tahun ajaran 2020/2021, sebanyak 2 siswa yang mempunyai permasalahan dalam mengatasi malas belajar. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Sehingga nantinya diperoleh data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yakni permasalahan malas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan siswa mengalami malas belajar ada dua faktor yaitu: 1.) faktor dari dalam siswa faktor internal 2) faktor dari lingkungan panti atau sekolah faktor eksternal. Untuk membantu mengentaskan masalah pada peserta didik yang mengalami malas belajar diberikan layanan konseling behavioristic teknik self management dapat memberikan perubahan perilaku pada siswa yang mengalami malas belajar sehingga siswa menjadi rajin belajar, tidak berkegiatan lain yang tidak sesuai dengan waktunya, tidak main handphone, tidak meninggalakan kelas pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M.Pd., Kons., (ii) Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. |
Kata Kunci: | Konseling Behavioristik, Teknik Self Management. Malas Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Buku-buku acuan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 22:52 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 22:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |