Pengaruh model think pair share dan media crossword puzzle untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar di ngembalrejo

Rohman, Taufiqur (2021) Pengaruh model think pair share dan media crossword puzzle untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar di ngembalrejo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (629kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (266kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis pengaruh model Think Pair Share terhadap minat belajar siswa dalam Matematika di SD 2 Ngembalrejo Bae Kudus 2) Menganalisis pengaruh media crossword puzzle terhadap minat belajar siswa dalam Matematika di SD 4 Ngembalrejo Bae Kudus Hasil 3) Menganalisis Pengaruh model Think Pair Share dan media crossword puzzle terhadap minat belajar siswa dalam Matematika di SD 5 Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitan ini merupakan jenis penelitian kuantitatif analisis data dengan statistik. Dalam penelitian ini, penulis melakukan studi lapangan di sekolah dasar di Ngembalrejo. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa Kelas 5 di empat SD, yaitu SD 2 Ngembalrejo, SD 4 Ngembalrejo, SD 5 Ngembalrejo, dan SD 3 Ngembalrejo sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini, penulis menggunakan analisis statistik, yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model Think Pair Share pada minat belajar matematika siswa di SD 2 Ngembalrejo Bae Kudus dalam kategori baik, adalah 41 dalam rentang interval 41-49. 2) Media Crossord Puzzle pada minat belajar matematika siswa di SD 4 Ngembalrejo Bae Kudus dalam kategori sangat baik, yairu 41 dalam rentang interval 41-49. 3) ) Model Think Pair Share dan Media Crossord Puzzle pada minat belajar matematika siswa di SD 5 Ngembalrejo Bae Kudus dalam kategori baik, adalah 52 dalam rentang interval 52-62 4) Terdapat pengaruh signifikan dari model Think Pair Share dan media crosswors puzzle untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa Sekolah Dasar di Ngambalrejo Bae Kudus, dengan persamaan regresi Ŷ1 = 49,630 + 0,381X1, Ŷ2 = 50,985 + 0,342X2, Ŷ3 = 51,226 + 0,683X3. Model Think Pair Share memiliki jumlah positif dan signifikan menjadi 0,336 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat berkontribusi kepada siswa dalam ,meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 11,27% di SD 2 Ngembalrejo. Media crosswors puzzle memiliki jumlah positif dan signifikan menjadi 0,345 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat berkontribusi kepada siswa dalam ,meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 11,875% di SD 4 Ngembalrejo. Model Think Pair Share dan Media crosswors puzzle memiliki jumlah positif dan signifikan menjadi 0,356 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat berkontribusi kepada siswa dalam ,meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 12,647% di SD 5 Ngembalrejo. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) Hendaknya peserta didik mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Dengan begitu, maka tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran akan tercapai dan bertambah minat belajarnya. 2) Guru diharapkan mampu menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal, serta mampu merealisasikan apa yang dibuat dan direncanakan dengan baik maka hasilnya akan maksimal sehingga berdampak pada minat belajar siswa yang tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Surachmi W, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: model think pair share, media crossword puzzle, dan minat belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 19:18
Last Modified: 30 Sep 2021 19:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item