Mufaridah, Mufaridah (2021) Pengembangan modul pembelajaran tematik kelas v sd berbasis kearifan lokal untuk pengenalan budaya sedan rembang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL DEPAN)
1. halaman depan.pdf - Accepted Version Download (302kB) |
|
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version Download (377kB) |
|
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (926kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik kelas V SD berbasis kearifan lokal untuk pengenalan budaya Sedan Rembang yang memiliki kesahihan dan keefektifan. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba, uji validasi, revisi produk akhir , dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di Kecamatan Sedan. Desain pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal ini terdiri atas 3 bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian isi modul terdiri atas kutipan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, konsep pembelajaran, serta latihan latihan. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli bahasa. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,56 dengan persentasi 89% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,67 dengan persentasi 92% dan kategori sangat baik.. Untuk hasil respons guru diperoleh hasil rata-rata 3,73 dengan jumlah skor 470 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respons peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,92 dengan jumlah skor 752 dengan kategori sangat baik. Pembelajaran tematik diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil perhitungan N-gain adalah 0,63 dengan kategori sedang. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 6,1. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik kelas V SD berbasis kearifan lokal ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (1) Dr. Santoso, M.Pd., (2) Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd. |
Kata Kunci: | modul pembelajaran tematik, kearifan lokal, dan Pengenalan Budaya . |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 22:50 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 22:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15062 |
Actions (login required)
View Item |