AGUSTININGRUM, YANI (2021) Pengembangan buku ajar dengan metode basal readers berbasis media big book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah. Sarjana thesis, UMK.
![]() |
Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (314kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (302kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kebutuhan buku ajar dengan metode Basal Readers berbasis media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah , 2) desain buku ajar dengan metode Basal Readers berbasis media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah, 3) uji coba buku ajar dengan metode Basal Readers berbasis media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah, 4) efektivitas produk buku ajar dengan metode Basal Readers berbasis media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah dan 5) desiminasi buku ajar dengan metode Basal Readers berbasis media big book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan metode Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas I Sekolah Dasardi SDN Dabin III Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk buku ajar membaca permulaan dengan metode basal readers berbasis media big book. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kombinasi, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan konversi data kuantitatif ke kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan buku ajar membaca permulaan dengan metode basal readers berbasis media big book, 2) Pengembangan buku ajar membaca permulaan dengan metode basal readers berbasis media big book, 3) buku ajar dengan metode basal readers berbasis media big book cukup efektif digunakan dalam membaca permulaan kelas rendah. Hasil dari uji t pada kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 2,414 yang berarti nilai t hitung ˃ t tabel = 5,458 ˃2,414 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Slamet Utomo, M.Pd., Pembimbing 2 Irfai Fathurrohman, M.Pd. |
Kata Kunci: | Metode Basal Readers, media big book, kemampuan membaca permulaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 22:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 22:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |